Jumat, 22 Februari 2013

Husqvarna SMS 125, Pacuan Cewek Mantan Tracker

Bayu Sukarno, memberikan Husqvarna SMS 125 untuk Ni Ketut Lieny yang biasa disapa mbak Ninin. Pacuan ini, sebagai kado ulang tahun pernikahan mereka yang ke-20. Ada alasan khusus kenapa owner Dirtbike Shop (DBS) Jogjakarta itu justru meberikan pacuan. Bukannya cincin permata. "Saya berikan hadiah itu, karena saya tahu kemampuan dan hobinya yang juga suka blusukan dengan motor trail. Terlebih, istriku ini juga mantan tracker di era 90-an,” bangga Bayu sembari melirik mesra Ninin yang asli Bali itu. Tapi, karena SMS terlahir dengan genre Supermoto, maka perlu olahan modifikasi. Paling utama, di sektor kaki-kaki alias roda. Akhirnya, pelek dan ban diganti. Pelek depan mengadopsi DID ukuran 1,60 x 19 yang dibalut ban Pirelli Scorpion 70/90-19. Sedangkan belakang dijejali pelek 1,85 x 185 dengan ban Kenda Carlsbad 80/90-16. Kelarkah? Wah belum bro. Pasalnya ubahan pelek juga diikuti dengan ubahan teromol juga lainnya. Seperti teromol depan dicomot dari Kawasaki KX85. Oh ya, dudukan kaliper cakram dimodifikasi menggunakan adaptor dari bahan pelat besi tebal 10 mm yang diproses dengan mesin bubut. Beda pula dengan teromol belakang bro. Teromolnya, konon hasil CNC. Sayangnya Bayu dan Ninin lupa mereknya. Begitu juga lebar teromol belakang, nampaknya tak selebar aslinya. Pun dudukan gir, enggak pas dengan lubang baut gir belakang. Solusinya, bikin adaptor gir belakang. (motorplus-online.com) DATA MODIFIKASI Ban depan : Pirelli Scorpion 70/90-19 Ban belakang: Kenda Carlsbad 80/90-16 Pelek depan: 1,60 x 19 Pelek belakang: 1,85 x 16 DBS: 0857-29298100

Arco (Jerman), Wow Sudah Pakai Radiator di Tahun 20-an!

Untuk produk di masanya, pembuat motor asal Bavaria ini termasuk canggih. Di tahun 20-an, mereka sudah mampu membuat motor dengan pendinginan cairan alias water cooled, lewat andalannya Arco 248 cc dan 348 cc, silinder tunggal. Ciri khas motor water cooled terus berlanjut lewat produk Arco 498 cc tahun 1929. Saat itu mereka kerja sama dengan pihak Speyer dan Rhine. Masuk 1927, Arco diambil alih perusahaan finansial dari Amsterdam Belanda, namun tetap saja harus gulung tikar pada 1931. (motorplus- online.com)

Antusias Tinggi, Peserta Factory Visit Federal Oil Lebihi Target

Antusiasme komunitas online untuk langsung melihat proses produksi Federal Oil cukup tinggi. Terbukti dari jumlah peserta yang bergabung dalam "Federal Oil Online Community Factory Visit" melebihi target. Awalnya hanya targetkan 30 peserta. Tapi nyatanya, pagi ini (20/2) jumlah komunitas yang bergabung dalam acara ini mencapai 40 orang. Ada yang berasal dari forum Otomotifnet.con dan tidak sedikit pula yang juga member klub dan komunitas sepeda motor di seputaran Jakarta. Seperti Honda Vario Club (HVC), Byson On Kaskus, SkyDrive Community (SDC), Club Smash Jakarta (CSJ), Xeoner Indonesia, Honda BeAT Club Jakarta dan masih banyak lagi. "Iya kami datang bertiga, kami semuanya pengguna Yamaha Xeon," buka Irvan dari Xeoner Indonesia. "Saya senang karena ternyata over quota, jadi berbahagialah yang bisa bergabung," buka Heru Purwoko, Product Department Head PT Federal Karyatama. Semunya langsung berangkat dari Gedung Kompas Gramedia di Jl Panjang no 8A, Jakarta Barat, menuju fasilitas produksi Federal Oil di Rawa Bali, Pulogadung, Jakarta Timur. Pabrik ini adalah satu dari dua pabrik milik PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil. Pabrik kedua yang memiliki luas area hingga 2.214 meter persegi ini telah dilengkapi dengan peralatan canggih. Diantaranya sudah menggunakan robot dalam mayoritas produksinya. Penasaran? Tunggu laporannya hanya di OTOMOTIFNET.COM. (motorplus-online.com)

Honda Tiger, Usung Tradisional Street Fighter

Pada mulanya, motor milik Oki Dwi Ponru ini sangat seronok secara estetika. Visualisasi bermodal peranti limbah kelas wahid dan tipikal rajutan bodi dengan performa tinggi. Namun, ubahan yang dilakukan ayah satu putri ini ramai ditiru oleh teman-teman satu gank-nya dalam komunitas Minor Fighters (MF). “Makanya saya ubah kembali ke desain tradisional street fighter seperti model yang dipakai komunitas Jerman dan Inggris. Kembali ke bentuk street awal. Biar nggak ada yang meniru,” buka punggawa bagian leasing Adira Purwokerto, Jawa Tengah ini. Konsep Steet Fighter (SF) bergaya kuno ini diramu oleh Agus Djanuar yang juga bos rumah modifikasi XKBD, Purwokerto. Modifikator yang beken mengenalkan gaya modifikasi bergaya West Jateng Style (WJS) ini membuat pola bodi besar dan racikan kaki-kaki kombinasi untuk bagian roda. Gaya tradisional SF menonjol pada model tangki dan bodi belakang. Ciri single seater tetap dipakai. Hanya saja bodinya memang terlihat lebih besar seperti penampilan SF Eropa yang gemar model buntut menjuntai. “Sasis belakang saya potong habis, frame tulang belakang saya pakai pipa setengah inci. Panjangnya hanya sekitar 40 cm. Sebab, frame belakang hanya sebagai dudukan jok saja,” papar modifikator beken disapa Agus DJ ini. Bodi belakang memang terkesan besar. Namun, di dalamnya kosong. Sehingga pantat enteng dan beban bertumpu pada bagian depan. Termasuk pada tangki berbahan dasar fiberglass ini. Racikan tangki pipih juga dibuat secara aksen visual cenderung mengarah ke bentuk tradisional. Cocok dengan model deltabox palsu yang mengambil konsep model Suzuki GSX400 lawas. Rajutan bodi memiliki korelasi dengan desain lampu depan. Sebenarnya, model covernya lumayan kurang nyambung dengan model bodi belakang dan tangki yang membulat. “Namun saya padukan dengan bentuk airscoop di bawah mesin yang lancip. Sehingga, tetap terlihat apik,” elak modifikator dari Jl. Pasir Muncang No. 46, Purwokerto, Jawa Tengah ini. Finishingnya, sikilan modern dan komponen lawas dipadukan dalam satu konsep. Sok depan fullset comotan GSX400 dikombinasi swing arm Suzuki Hayabusa. Lalu, pelek Suzuki TL1000 juga membuat motor terlihat lebih menawan. Proses Rangkai arm perlu ubahan part. Seperti penyesuaian as swing arm baru yang pakai material besi berkualitas.

Factory Visit Federal Oil Jadi Temu Kangen Komunitas dan Klub

Kegiatan "Federal Oil Online Community Factory Visit" yang digelar hari ini (20/2) mendapat sambutan luar biasa. Dari target 30 peserta, totalnya ada 40 orang yang akhirnya tidak bisa ditolak dan ikut berpartisipasi. Kunjungan pabrik yang melihat langsung proses produksi PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil ini memiliki tujuan mempererat hubungan baik antara Federal Oil dan komunitas. "Ini adalah acara kedua bersama komunitas, setelah sebelumnya ada event di Bandung. Kita di sini sebagai produsen oli perlu membuka diri pada masyarakat tentang apa yang terjadi di pabrik kami," buka Rudy Hartono, Vice President PT Federal Karyatama. "Pertemuan ini adalah pertemuan apa dan siapa. Bagi komunitas, tentunya akan banyak pertanyaanya apa yang ada di balik proses produksi oli sepeda motor," jelasnya. "Sedang bagi kami, penting untuk mengetahui siapa komunitas dan apa yang diinginkan. Kami bisa mengenal bikers dengan pemikiran yg kritis terhadap sepeda motor, baik sparepart-nya maupun pelumasnya," jelas Rudy. Tentunya keterbukaan PT Federal Karyatama disambut gembira oleh rekan-rekan komunitas. Seperti Sandi dari Honda Vario Club (HVC) dengan nomor anggota 300 ini sudah punya banyak pertanyaan pada kegiatan ini. "Saya penasaran dengan teknis dan ukuran- ukuran penggunaan oli," jelas pengendara Honda Vario Techno 110 ini. Pertanyaan-pertanyaan lain juga datang dari komunitas. Buat yang belum berkesempatan ikut serta dalam kegiatan ini jangan berkecil hati. Pasalnya acara seperti ini akan dilakukan sebanyak dua kali lagi di tahun 2013. Tunggu infonya hanya di otomotifnet.com dan federaloil.co.id. (motorplus-online.com) Untuk informasi lebih mendalam tentang Federal Oil, silahkan kunjungi federaloil.co.id

Honda BeAT Riders Club Bandung, Biar Lebih Ngoet

Demi kemajuan klub, Honda BeAT Riders Club (HBRC) pada 20 Januari 2013 lalu melaksanakan musyawarah besar atau mubes. Acara berlangsung di kantor main-dealer Honda Jawa Barat, PT Daya Adicipta Mustika. “Mubes ini juga menjadi evaluasi kepengurusan dan kepemimpinan ketua HBRC sebelumnya, agar HBRC bisa tumbuh menjadi klub yang mandiri,” kata Hamdani Ismat, ketua harian HBRC. Pada mubes ini terpilih ketua umum baru HBRC untuk periode 2013-2015, yakni Alga Dwi Egantara. “Mudah-mudahan saya bisa menjaga nama baik dan membawa HBRC ke arah yang lebih baik lagi,” yakin Alga. Program awal paketu baru ini adalah merayakan anniversary HBRC ke-4 yang jatuh pada April nanti. “Anggota yang sudah bertambah banyak kalau ditambah keaktifan anggota lama pasti akan lebih ngoet,” candanya. Ngoet dalam bahasa Sunda yang berarti mencakar dan mempunyai makna bahwa HBRC bisa lebih greget lagi sebagai komunitas sepeda motor di Bandung. Direncanakan juga klub Honda BeAT yang tergabung dalam ikatan Sadudulur BeAT Jawa Barat akan ikut dilibatkan. (motorplus- online.com)

Yamaha V-Ixion, Street Fighter Priangan Timur

Memiliki tungangan yang kekar nan gagah merupakan dambaan bikers dimana saja. Tak terkecuali apa yang Aden rasakan. Lajang asli Priangan Timur, Ciamis, Jawa Barat ini juga mempunyai angan-angan, kelak akan memiliki motor gede sesuai impian. “Sementara masih sebatas angan-angan saja. Maklum harga motor gede kan ratusan juta bro. Uang dari mana coba? Ngumpulin duit sebanyak itu, juga pasti sangat lama. Tapi, bukan berarti aku menyerah dengan impianku itu, lho,” buka Aden penuh semangat. Atas nama menggapi impian dan atas nama sebagai bikers, impian itu coba diwujudkan. Tapi, saat ini, baru sebatas modifikasi saja. Berbekal Yamaha V-Ixion lansiran tiga tahun silam, lajang asli kota Ciamis ini menyambangi Faforit Modification (FM) di Jl. Jenderal Soedirman No. 211, Ciamis, Jawa Barat untuk mengobati hasrat menggebunya. "Konsep modifikasi aku sodorkan pada sang modifikator untuk dandanan baru tungganganku. Intinya, aku ingin modifikasi ini mengacu pada gaya Honda CBR600. Tapi, rada-rada naked gitu. Biar mencuatkan sedikit gaya ala petarung jalanan,” lanjut mahasiswa Unigal yang memasuki semester akhir ini. Sepertinya, tampang sport abizz dari CBR600 masih dirasa kurang bagi Aden sebagai acuan modifikasi. It’s okay bro! Namanya juga berkreasi, jadi bolehsaja kok. “Suatu tantangan tersendiri bagi saya untuk melakukan ubahan ini. karena selain konsumen, Aden juga juga masih saudara sendiri. Jadi, hasil pun dituntut semaksimal mungkin, agar tidak mengecewakan saudara sekaligus temen ini,” cuap Rizky sang modifikator. Mengawali proyek ubahan, sang dokter modifikasi segera melakukan operasi body work. Keahliannya memainkan cetakan serat fiber tak diragukan lagi. Dari bentukan bodi depan hingga belakang, mampu dikerjakan menyesuaikan bentukan konsep yang diinginkan. Buat kenyamanan sang pengendara dan boncenger, penerepan jok model double seater dilakukan. Sedangkan bentuk batok lampu depan, sengaja tidak diaplikasi demi kejar gaya streetfighter. Desain knalpot pun dibikin undertail layaknya CBR600. (motorplus-online.com) DATA MODIFIKASI Ban depan : FDR 110/70-17 Ban belakang: FDR 130/70-17 Cakram depan: AHRS Cakram belakang : Suzuki Satria FM : 0852-86232939

Yamaha Sumbang Rain Water Harvesting Untuk Jakarta

Kondisi Jakarta banjir, yang salah satunya diakibatkan oleh pemakaian air tanah berlebihan sehingga terjadi penurunan permukaaan tanah. Sedangkan dari sisi lain, air bersih dan sanitasi di Indonesia tergolong masih kurang. Minimnya akses terhadap air bersih dan kurang bagusnya sanitasi dan perilaku tidak sehat masyarakat Indonesia membuat perlunya pendidikan masyarakat yang dimulai dari usia dini, sejak di sekolah dasar dan menengah. Atas dasar kedua faktor tersebut, Yamaha memberikan donasi pembuatan Rain Water Harvesting (RWH) atau memanen air hujan, yang merupakan suatu teknik sederhana dan murah untuk mendapatkan sumber air yang berkelanjutan dan permanen. Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Yamaha ini bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan mendapat dukungan dari Pemda DKI Jakarta. Yamaha memberikan donasi sebesar Rp 400 juta yang disampaikan langsung kepada pihak Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya yang diwakili dr.M.Marcia M Direktur Utama RSAJ (Rumah Sakit Atmajaya) dengan disaksikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. Dana ini ditujukan untuk pembangunan dua RWH di tiga sekolah di Kecamatan Penjaringan, kawasan Jakarta Utara, yang merupakan daerah binaan Universitas Atmajaya. Tiga sekolah tersebut adalah SDN Kapuk Muara 05 (pagi), SDN Kapuk Muara 06 (petang) dan SMPN 122 Kapuk Muara. ”Kami harapkan CSR Yamaha ini dapat membantu masyarakat dan juga adik-adik murid SD dan SMP dalam penyediaan air bersih dan sanitasi yang sehat. Kami harapkan juga ribuan perusahaan swasta di Jakarta, bisa bersama- sama berperan aktif membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih secara RWH, sekaligus mengurangi pemakaian air tanah dan mengurangi potensi banjir,” papar Dyonisius Beti, Executive Vice President Yamaha Indonesia. ”Kegiatan CSR seperti yang dilakukan Yamaha ini sangat bagus. Saya mengajak perusahaan- perusahaan swasta lainnya untuk melakukan kegiatan positif seperti ini,” himbau Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. Setelah pemberian donasi ini, pekan depan dilanjutkan dengan workshop dan pembangunan RWH yang akan selesai dibangun satu bulan lamanya. (motorplus-online.com)

Peringati Ulang Tahun ke 42, AISI Tingkatkan Kontribusi Untuk Bangsa

Tak terasa, Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) sudah mencapai umur yang ke 42 tahun. Pada bulan ini, perayaannya akan dilakukan semarak. Tapi bukan dengan hura-hura, AISI yang merupakan Asosiasi beberapa pabrikan sepeda motor di Indonesia mengusung Tema "For Better Indonesia" dalam merayakan hari jadinya. AISI bertekad untuk terus meningkatkan kontribusinya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan industri dan penciptaan lapangan kerja, mengurangi polusi udara melalui pengurangan emisi gas buang, dan terus menggalakkan kampanye keselamatan jalan raya dengan meningkatkan ketertiban berkendara demi keselamatan bersama para pengguna jalan Untuk memperingati hari bersejarah ini, pengurus AISI mengadakan serangkaian seminar dan pertemuan yang melibatkan para pemangku kepentingan di industri sepeda motor nasional maupun internasional. Bersama para perwakilan organisasi industri manca negara yang tergabung dalam Federation of Asian Motorcycle Industries (FAMI) dan International Motorcycle Manufacturers Associations (IMMA), dan pelaku industri otomotif dalam negeri lokal, AISI mengadakan dua seminar terpisah dengan tema “Intellectual Property Rights” dan “Road Safety”. Ketua Umum AISI Gunadi Sindhuwinata mengatakan melalui tema “Intellectual Property Rights”, AISI ingin memunculkan arti penting dari kepedulian atas HAKI (hak atas kekayaan intelektual) dalam konteks yang lebih fundamental. “Bila HAKI terjamin, kami percaya investor tidak hanya menanamkan modal untuk manufaktur saja, melainkan juga mengembangkan industri-industri berkemampuan development, design dan engineering,” ujarnya. Tema “Keselamatan Jalan Raya” atau “Road Safety” diangkat juga dalam HUT AISI kali ini karena para produsen sepeda motor memiliki komitmen yang tinggi terhadap keselamatan para pengguna sepeda motor. Tema ini dipilih sebagai upaya anggota asosiasi untuk terus menggalakkan kampanye keselamatan berkendara di jalan raya sehingga tercipta ketertiban berkendara yang akan mendorong terciptanya keselamatan bersama para pengguna jalan. Seminar ini akan ditutup dengan pertemuan internal tahunan FAMI dan serangkaian kegiatan CSR (corporate social responsibilty) seperti donasi 19 unit sepeda motor kepada Yayasan Nurani Dunia dan Yayasan Cahaya Guru. AISI juga membagikan 130 helm kepada para tukang ojek sebagai bagian dari upaya nyata mengampanyekan keselamatan berkendara di kalangan pengguna sepeda motor. (motorplus- online.com)

Honda GL100, Cafe Racer Captain America

Honda GL 100 jadul ini layak diapresiasi. Tampilan klimis bin resik jadi ciri konsep cafe racer yang digarap Pandu Setyabudi dengan gaya ala Captain Amerika. Doi pemilik sekaligus modifikator yang ngendon di Jl. Raya Dieng, Km. 30, Banjarnegara, Jawa Tengah. Sebagai modifikator muda, lajang yang akrab disapa Pandu ini piawai memadukan konsep dengan detail ala cafe racer. Aplikasi di motor bertulang ceking macam GL 100 diperagakan dengan konsep visual aduhai. Contohnya, buat mengejar ciri cafe racer, doi pangkas buntut belakang. Sudut segitiga frame belakang dipertahankan. Cuma detail dipadatkan lewat pangkas 15 cm bagian ujung sub frame. Cover di bawah jok juga menimbulkan kesan padat. Bagian ini, menojolkan detail tengah yang rapi dan clean. Yang asyik, tampilan buntut belakang sesuai dengan konstruksi asli GL 100 yang flat. Sejak dulu, produk Honda memang andalkan bentuk sub frame yang cenderung rata. Mulai dari tipe CB, GL, hingga generasi Tiger. Makanya Pandu tak kesulitan padukan sasis dengan tangki handmade agar sesuai konsep. Racikan tangki berbahan pelat besi ini terlihat serasi. Dari bentuk, terlihat proporsional. Uniknya, pandu bukan tipikal poser alias biker yang suka pamer. Tapi, hasil kreasinya dipakai daily use alias kebutuhan riding sehari-hari. (motorplus- online.com) DATA MODIFIKASI Ban depan : IRC 100/70-17 Ban belakang : IRC 120/70-17 Pelek : Takasago Exel Sok belakang : YSS OC : 0856-47635975

Sabtu, 23/02/2013 05:43 WIB Trofi Piala Liga Inggris akan Diberikan Oleh Muamba

London - Fabrice Muamba diberi kehormatan oleh otoritas sepakbola Inggris (FA) untuk memberikan trofi kepada tim pemenang di laga final Piala Liga Inggris antara Bradford City dan Swansea City akhir pekan ini. Dipilihnya Muamba ini bukan tanpa alasan karena pemasukan dari tiket pertandingan yang akan dihelat di Wembley, Minggu (24/2/2013) malam WIB, itu akan didonasikan kepada Heart and Goals, kampanye pelatihan kewaspadaan terhadap serangan jantung yang tiba-tiba menyerang pesepakbola di lapangan dan bagaimana cara menanganinya. Muamba sendiri sempat terserang cardiac arrest tahun lalu di laga Tottenham Hotspur kontra Bolton Wanderers. Eks gelandang timnas Inggris U-21 itu nyaris kehilangan nyawa karena jantungnya sempat berhenti berdetak selama beberapa menit. Penyakit yang mana akhirnya membuat pesepakbola 24 tahun itu gantung sepatu Agustus tahun lalu setelah mendapat rekomendasi dari dokter yang menangani. Tak hanya mempresentasikan trofi Piala Liga Inggris kepada tim pemenang, dia juga akan mengenalkan seluruh pemain dari Bradford maupun Swansea sesaat sebelum kickoff. "Ini adalah turnamen yang menarik musim ini dan merupakan sebuah kehormatan besar bagiku untuk mempresentasikan trofi kepada tim juara. Aku tahu atmosfer bakal sangat spesial hari Minggu besok," ujar Muamba seperti dilansir Soccernet.

Lawan Sevilla, Barca Harus Menang untuk 'Pemulihan Diri'

Barcelona - Barcelona sudah diminta lekas bangkit pasca kekalahan dari AC Milan di Liga Champions lalu. Laga melawan Sevilla akhir pekan ini akan jadi ujian apakah memang Los Cules sudah "sembuh" atau justru kian terpuruk. Diunggulkan untuk menang karena punya kualitas skuat di atas Milan, Barca justru tampil di bawah ekspetasi dan tak bisa melakukan apa-apa di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Ditekuk dua gol tanpa balas, beban Barca kian berat saat menjamu Rossoneri di Camp Nou tiga pekan mendatang. Tapi sebelum itu Barca punya sejumlah laga berat menanti di kompetisi lokal seperti leg kedua semifinal Copa del Rey kontra Real Madrid dan paling terdekat adalah laga kandang di pekan ke-25 kontra Sevilla. Meski Los Rojiblancos saat ini ada di peringkat ke-10 dengan 32 poin, tapi pasukan Unai Emery itu bukan lawan yang mudah. Dalam tujuh laga terakhir pasca pergantian tahun, Sevilla cuma kalah dua kali dan seri sekali dengan empat laga sisanya berakhir kemenangan. Maka Alvaro Negredo dkk bisa jadi batu sandungan atau justru batu loncatan untuk Barca kembali ke kondisi terbaiknya lagi. Maka dari itu asisten pelatih Jordi Roura meminta Lionel Messi dkk untuk fokus dulu pada laga kontra Sevilla dan tak memikirkan duel dengan Madrid beberapa hari setelahnya atau bahkan laga revans kontra Milan yang bahkan masih 2-3 pekan lagi. "Saya tidak mau berbicara soal Milan atau Madrid, sampai kami melawan mereka. Kami kini akan menghadapi Sevilla, kami harus fokus dan bisa bangkit," ujar Roura di Soccernet. "Laga ini penting untuk pemulihan diri. Wajar jika para pemain tidak senang, karena hasil di Milan tidak menguntungkan kami dan mereka adalah yang paling pertama tahu," lanjutnya. "Yang terpenting adalah bagaimana para pemain bereaksi usai hasil buruk kemarin. Kami selalu bisa bangkit dan kami akan melakukannya lagi di laga berikutnya," demikian Roura. Musim ini Barca baru kalah dua kali yakni 1-2 dari Celtic FC dan 2-3 dari Real Sociedad, tapi setelah laga-laga itu Azulgrana langsung bangkit serta meraih kemenangan (4-2 atas Mallorca dan 3-1 atas Malaga)

Anas Tersangka, PB HMI: Serahkan ke Proses Hukum

Jakarta - Pengurus Besar Himpunan Mahasiwa Islam (PB HMI) menanggapi ditetapkannya Anas Urbaningrum sebagai tersangka korupsi Hambalang. PB HMI meminta kadernya untuk menahan diri dan tidak melakukan perbuatan melanggar hukum. "Meminta seluruh Kader, Alumni HMI dan simpatisan Anas Urbaningrum agar menahan diri dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Baiknya proses ini kita serahkan kepada proses hukum yang berlaku di Republik Indonesia," kata Sekjen PB HMI (MPO) Herman Haeruddin dalam rilis persnya, Jumat (22/2/2013) malam. Herman beranggapan apa yang menimpa Anas harus dilihat sebagai kasus pribadi. Tidak ada menurutnya, keterkaitan dengan HMI secara institusi kelembagaan. "Tidak perlu ada yang melibatkan kasus ini dengan HMI secara institusi kelembagaan," imbuh Herman. Anas Urbaningrum yang juga bekas ketua PB HMI Periode 1997-1999 ditetapkan tersangka oleh KPK per 22 Januari 2013. Anas terseret kasus korupsi pembangunan sekolah olahraga nasional di Hambalang, Jawa Barat.

AS dan Jepang Bersumpah Tindak Tegas Uji Coba Nuklir Korut

Jakarta - Pasca uji coba nuklir Korea Utara 12 Februari lalu, Jepang melakukan kunjungan kenegaraan ke AS. Kedua negara musuh Korea utara ini bersumpah akan menindak tegas uji coba nuklir Korea Utara. "Kami tidak bisa mentolerir tindakan Korea Utara seperti peluncuran rudal dan melakukan uji coba nuklir," kata Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, di Gedung Putih, AS seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (23/2/2013). Abe, yang terkenal karena garis keras terhadap Korea Utara, setuju untuk membuat resolusi baru Dewan Keamanan (DK) PBB. Resolusi ini berisi kutukan terhadap Pyongyang atas uji coba nuklir. "Kami sepakat bahwa kami akan saling bekerja sama dalam menangani Korea Utara dengan tegas," kata Abe. Saat ini, pemerintah Jepang tengah meningkatkan anggaran pertahanannya untuk pertama kali dalam lebih satu dekade. Hal ini dilakukan menanggapi sikap provokatif yang dilakukan pihak Pyongyang maupun Beijing.

Spy Shoot Nissan March Facelift

Jakarta - Bagi yang mulai bosan dengan tampilan Nissan March, sedikit bersabar, karena sebentar lagi akan hadir versi facelift dari citycar Nissan ini. Penampakannya sudah mulai terlihat di jalan raya. Sayang, pada gambar tersebut hanya terlihat bagian belakangnya saja. Akan tetapi detail perubahan sudah bisa kita lihat. Paling mencolok adalah perubahan desain lampu, berupa tata letak lampu serta penambahan LED. Tempat plat nomor juga mengalami perubahan, kini dengan desain heksagonal, serta desain pelek yang lebih segar, dengan jumlah palang yang lebih banyak. Sektor mesin, Nissan sepertinya masih akan mengandalkan mesin yang sama, berkapasitas 1.2 liter 3 silinder. Namun, khusus untuk pasar India, Nissan sepertinya akan memanjakan para penggemar diesel dengan menghadirkan Nissan March versi diesel berkapasitas 1.5 liter. (mobil.otomotifnet.com)

Bermodal Banyak Pilihan Mesin, Peugeot 2008 Siap Saingi Nissan Juke

Perancis – Sebagai pemain baru di kelas crossover, Peugeot 2008 yang akan mendebut di ajang Geneva Motor Show 2013 bulan depan harus berhadapan dengan pemain lama seperti Nissan Juke, Opel Mokka dan Suzuki SX-4. Nah, demi bisa bersaing di kelas tersebut Peugeot mengandalkan banyak pilihan mesin sebagai andalannya. Yup, sedikitnya ada delapan pilihan mesin yang terdiri dari versi bensin dan diesel dengan pilihan tenaga mulai dari 67 dk hingga 128 dk. Diantaranya mesin bensin 3-silinder 1.2-liter yang tersedia dalam besaran tenaga 81 dk, 108 dk dan 128 dk. Selain itu, ada juga mesin bensin VTi 1.6- liter bertenaga 118 dk dan diesel 1.4-liter berdaya 67 dk. Tak ketinggalan, deretan mesin diesel 1.6- liter dengan rentang 91 dk dan 113 dk. Bukan hanya mengunggulkan banyaknya pilihan mesin. Peugeot juga menawarkan sektor eksterior yang lebih fresh. Dimana varian 2008 menawarkan paras sporty. Terlihat dari aplikasi kelir kuning dengan paduan headlamp tajam khas Peugeot, serta gril besar seperti varian 4008. Bagian bumper depan, aksen hitam doff yang biasa terdapat pada mobil crossover lain, seperti Dacia Duster atau Nissan Livina X-Gear menambah kesan jantan dan tangguh. Kesan jantan di sisi samping juga terdongkrak berkat aplikasi pelek hitam dan garis bodi sporty dari saudara hatchbacknya, 208. (mobil.otomotifnet.com)

Test Knalpot Aftermarket Nissan March, Efisien Dongkrak Tenaga

Populasi Nissan March cukup banyak di Tanah Air. Namun, tak disangkal aksesori peningkat performa dari mesin Nissan HR12DE berkapasitas 1.200 cc nya sangat jarang. Memang, ada versi resmi exhaust system dari Nismo yang dilego dengan harga di atas Rp 12 jutaan. Namun, kini sudah ada versi aftermarket loh, rancangan bengkel Standar Adi Knalpot (SAK) di kawasan Gunung Sahari, Jakpus (gbr.1). Dari segi bahan, tentunya berbeda knalpot Nismo yang asli, serta buatan SAK yang menjualnya dengan nama Kansai. Tetapi untuk ukuran serta perhitungan desain header, serta 3 bagian lain dari knalpot (gbr.2), SAK merancangnya demi meningkatkan performa Nissan March dan masih cocok digunakan sehari-hari. "Diameter pipa lebih besar, serta katalisnya pun tak digunakan lagi," ungkap Ben Yamin Irianto dari SAK. Tetapi tak perlu khawatir, pemasangannya plug and play sesuai semua dudukan baut dan gantungan knalpot asli yang tak perlu diubah-ubah. Pemasangannya kurang lebih sekitar 2 jam. "Pelepasan katalis saja, biasanya sudah bisa menaikkan tenaga mesin," ujar M Soleh Yusuf dari Sigma Speed, di Kawasan Pancoran, Jaksel. Tentunya, hasil peningkatan tenaga dan torsi perlu parameter ukur yang lebih pasti, untuk itu pengujian melalui dynamometer pun dilakukan. Selanjutnya mmenghitung output tenaga Nissan March dengan knalpot standar dan yang sudah dipasangi Kansai. Perbedaannya, torsi bawah terasa lebih meningkat, sementara untuk putaran atas, memang tak terlalu terasa, karena tarikannya sudah lebih berisi dari bawah. Putaran menengah, sekitar 3.000-4.500 rpm masih sedikit ada gejala lag meski langsung tereliminasi dengan menekan pedal gas lebih dalam, dan torsi serta tenaga lebih besar langsung terasa dengan spontan. Otomatis, gejala lag tak jadi berkelanjutan. Hasil yang didapat, terlihat peningkatan torsi cukup signifikan mulai dari 1.500 rpm. Dengan knalpot standar 78,4 Nm sementara Kansai 82,6 Nm. Semakin tinggi putarannya pun semakin naik torsinya. Torsi puncak dengan knalpot standar, 112,4 Nm/4.500 rpm, sementara torsi teratas dengan knalpot Kansai 116,8 rpm/5.500 rpm. Tampak powerband bergeser menjadi lebih tinggi. Dengan Kansai, di putaran 4.500 rpm (torsi puncak di knalpot standar), menjadi 117,1 Nm. Pada tabel (gbr.3 dan 4), tampak dua buah knalpot Kansai yang dicoba, tetapi untuk versi ‘jualan' akan dipakai yang menghasilkan angka terbaik. "Satu set dengan pasang, Rp 5.750 ribu," ungkap Ben. Pertanyaan lanjutan, tentu soal konsumsi bahan bakar. Tak terlalu jauh perbedaan konsumsi bahan bakarnya. Dengan penggunaan kondisi macet di Jakarta, konsumsi 1 Liter untuk 12 kilometer masih bisa didapat. (mobil.otomotifnet.com)

Reinkarnasi Land Rover Defender Terbaru Siap Hadir 2015

Jakarta- Ikon mobil jelajah asal Inggris Land Rover Defender siap diremajakan. Land Rover Defender akan diperbaharui dengan Land Rover DC100 yang diperkirakan akan memberikan warna baru yang relevan dalam pasar otomotif di abad 21. Apakah anda mengenal si tua Land Rover Defender ? Mobil ini merupakan jenis tertua dari Land Rover, yang sering digunakan untuk pekerja bantuan PBB, Palang Merah medis, polisi dan pasukan militer di seluruh dunia. Dalam Frankfruit Motor Show, Land Rover DC100 yang direncanakan akan diproduksi tahun 2015 di rancang oleh tim Land Rover Advanced Desain yang mandatnya adalah untuk menciptakan sebuah kendaraan yang akan beresonansi baik dengan pelanggan bisnis maupun pelanggan ritel. Menggantikan model ikonik pasti akan menjadi salah satu tantangan terbesar dalam sejarah otomotif. Land Rover konsep baru DC100 akan lebih ringan karena menggunakan platform campuran alumunium dan bahan berteknologi tinggi yang diadopsi dari industri penerbangan. Teknologi canggih lainnya yang akan diterapkan seperti The Terrain-i, yakni alat scan yang memperingatkan pengemudi ketika menghadapi medan off-road dan dapat menyarankan rute alternatif. Kemudian Wade Aid berteknologi sonar untuk menilai kedalaman air dan menyarankan kecepatan optimal pengemudi, juga sistem Terrain Response yang secara otomatis mengoptimalkan mobil pada kondisi medan apapun. Dengan satu sentuhan tombol fitur Driver- activated spiked tyre system dapat diaktifkan. Dirancang dengan penggerak empat roda permanen dengan transmisi 8-kecepatan. Tak lupa juga Stop Smart / Start. Land Rover Defender generasi terbaru ini pun akan dibekali tidak hanya dengan mesin berkapasitas 2,0 liter empat silinder bensin dan diesel saja, tapi juga akan dilengkapi dengan teknologi hybrid plug-in. (mobil.otomotifnet.com)

ATPM Baru Land Rover Terima Servis Produk Lama

Jakarta - Buat anda yang memiliki produk Land Rover versi ATPM lama (Java Motors) dan importir umum patut bernafas lega. Pasalnya, ATPM baru Land Rover di Indonesia, yakni PT Grand Auto Dinamika (GAD) menerima servis land rover lama yg dijual ATPM terdahulu. "Bengkel kami siap menampung mobil Land Rover yang dijual oleh ATPM sebelumnya. Selain itu, untuk mobil yang berusia kurang dari tiga tahun dan masih berlaku masa garansinya, tetap akan kami penuhi garansi tersebut. Tentu dengan ketentuan yang ada," papar Darwin Maspolim, Chief Operating Officer PT GAD. Dirinya menambahkan jika layanan tersebut diberikan untuk menambah kenyamanan seluruh pemilik Land Rover di Tanah Air. "Ini juga menjadi komitmen mendasar kami untuk memastikan para pemilik Land Rover mendapat pelayanan servis terbaik," tutur Darwin. Seperti diketahui, sejak akhir tahun ini ATPM Land Rover di Indonesia telah berpidah dari Java Motors pada PT GAD. Dan saat ini, PT GAD turut memasarkan beberapa tipe Land Rover. Diantaranya Evoque, Range Rover, Freelander 2 dan Discovery 4. (mobil.otomotifnet.com)

Saat Cuci Mobil, Perhatikan Komponen Kelistrikan

Tampilan mobil yang resik dapat mencerminkan kepribadian pemiliknya. Terutama, kondisi cuaca akhir-akhir ini. Hujan membuat kendaraan jadi lebih cepat kotor. Pemilik pun harus lebih sering mengunjungi tempat cuci atau salon mobil. Namun begitu, jangan langsung pasrah kepada tukang cuci. Sebab, tak sedikit usai dicuci ada komponen yang tidak berfungsi, bahkan sampai mesin tidak mau di-starter. Makanya nih, ada bagian-bagian tertentu yang wajib diperhatikan. Apa saja sih? ATUR TEKANAN Proses mencuci biasanya dilakukan normal dengan disiram biasa atau pakai alat semprot bertekanan. Apalagi, sekarang banyak dijual beragam alat semprot untuk membersihkan mobil sendiri di rumah. Menilik modelnya, ada yang butuh pompa air atau kompresor tekanan tinggi. Alatnya juga bervariasi, misal ujung noselnya dapat disetel agar semprotan airnya lurus atau menyebar. Atau tekanan airnya yang bisa disetel, tergantung ukuran kompresornya. Nah, jika dilakukan sebatas normal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jangan sampai juga main asal semprot. "Jika menggunakan alat semprot bertekanan, perhatikan bagian kelistrikan," ujar Margo, pemilik bengkel cuci mobil Planet Car Wash di Jln. Panjang No.5, Kebon jeruk, Jakbar. Misal dinamo starter. Kalau kemasukan air bisa terjadi korsleting, otomatis tidak ada pengapian dan mesin pun tidak mau dihidupkan. Klakson juga bisa tidak berfungsi karena kabel-kabelnya lepas akibat kena air bertekanan tinggi. "Sebab pernah ada kejadian orang mencuci mobil sendiri, karena tidak tahu dan main siram saja, klaksonnya tidak bunyi," katanya. Waspada juga untuk klakson model keong, perhatikan arah corong klakson supaya air enggak mudah masuk. Sebaiknya, hadapkan klakson ke bawah. Patut dicermati juga lokasi tempat sekring. Kalau tekanan air cukup kencang, air dapat menyusup dari sela-sela penutup boks sekring. Pernah juga kejadian mobil matik yang soket inhibitornya kemasukan air, sistem jadi error dan tidak bisa membaca posisi gigi transmisi. "Soket-soket lampu juga rentan dari semprotan. Begitu pula aki, makanya kepala aki plus biasanya kita tutup," timpal Muhammad Uchen, kru bengkel OTOMOTIF Service Stasion (OSS) di Jalan Panjang No.8A, Jakbar. Untuk itu proses penyemprotan juga ada caranya. Kalau yang high pressure pakai kompresor, usahakan jarak nosel penyemprot jangan terlalu dekat. "Jarak aman minimal setengah meter. Kalau kena tangan dalam jarak 5 cm saja, kulit bisa sobek karena kesenggol air semprotan bertekanan tinggi," cerita Margo. Termasuk menyemprot kolong dan bodi. Jika pakai penyemprot tekanan tinggi, untuk kolong jarak alat semprot boleh lebih dekat agar kotoran seperti lumpur bisa rontok. Tapi, hati-hati sama antikarat yang rentan terlepas juga ya. Ketika menyemprot bodi, jarak normal sekitar 20 cm dengan terus menggerakkan alat semprot. Untuk mesin, agak dijauhkan agar daya semprot tidak terlalu kuat. "Sebetulnya mencuci mesin dengan semprot itu semua berdasarkan permintaan pelanggan. Jika tidak, kita tak akan melakukannya karena tidak mau ambil risiko," urai Margo. Kalaupun tidak mau disemprot, saat pengeringan, mesin dilap, disemprot pakai angin untuk membersihkan semua debu. Bahkan ada juga yang membersihkan mesin dengan menyemprotkan uap untuk merontokkan debu-debu. "Dengan menyemprot uap, begitu uap menyentuh permukaan bagian mesin, langsung hilang uapnya. Lebih aman untuk mobil-mobil yang banyak kelistrikannya dan hasilnya lebih bersih," urai Daniel Saputra, manajer bengkel salon mobil ShowCar Garage di Jln. Meruya Ilir Raya No.191, Jakbar. Untuk mobil-mobil tahun '90 ke bawah, Margo tidak menyarankan bagian kolong atau mesin dicuci pakai penyemprot bertekanan. Sementara, Daniel tidak merekomendasi mobil tahun 2000 ke bawah atau 7 tahun ke bawah untuk dicuci mesinnya, karena masih banyak bagian yang terbuka. Nah, jadi jangan asal tinggal saat mobil masuk bengkel cuci mobil. Kalau perlu, kasih tahu bagian mana yang tidak boleh kena semprot, terutama mobil yang sudah dimodifikasi, karena banyak alat-alat kelistrikan tambahan.

VW Transporter 4Motion, 4WD Demi Kemanusiaan

Pertama ditawari untuk merasakan impresi sebuah van gambot, apalagi sudah dilengkapi teknologi gerak 4 roda, jelas kesengsem bukan kepalang. Tak ingin sekadar duduk di balik kemudi, namun performa sesungguhnya di medan off road, jelas harus dibuktikan layaknya kendaraan 4WD lainnya. Toh, di balik kekuatan roda, tersimpan mulia demi layanan kemanusiaan di negeri tercinta ini. Dijual Rp 550 juta (off the road), van yang kembar bodi dengan Caravelle ini hanya memiliki 2 buah bangku di bagian depan. Namun PT. Garuda Mataram Motor (GMM) yang memasarkan, sanggup membuat sesuai keinginan calon pembeli. Versi yang dicoba memiliki sumber daya dari mesin diesel 4 silinder dengan turbo, berteknologi Clean Diesel. Output-nya tak kira- kira, sanggup menelurkan tenaga 140 dk dengan torsi 140 Nm! Masuk kabin, jelas sangat sederhana. Selain 2 buah jok, kabin belakang terbilang sangat lega alias kosong melompong. Tujuannya jelas, tergantung nanti ingin dijadikan apa sosok van ekstragambot ini. Bisa untuk tim SAR yang penuh perangkat rescue atau cukup dibuat bangku memanjang untuk kendaraan angkut personel, bahkan bisa juga dimasukan perangkat untuk tim pemadam kebakaran seperti pompa semprot air. Lokasi ‘bermain' kali ini lahan seputar daerah Pondok Cabe, Jaksel. Duduk di kursi depan, daya pandang sangat luas. Hanya ada sedikit fitur yang dibutuhkan di panel dasbor. Sebuah head unit untuk mengusir kebosanan, dan 2 buah tombol yang efektif dipakai untuk membuat bodi belakang bergeser sliding. Memang, sebuah tim SAR tak akan melakukan power slide. Tapi, bukti kalau tenaga mesin berlimpah torsi jelas bukan omong kosong. Adaptasi perlahan, tuas transmisi 6 percepatan mudah digenggam. Layar MID di tengah dasbor juga mudah terbaca ketika menampilkan beragam informasi. Nah, kuncinya, jaga putaran mesin di atas 1.200 rpm ketika bermain tanah, supaya tidak drop dan masih menyisakan torsi untuk berjalan pelan. Penasaran dengan kemampuannya, langsung saja bejek pedal gas dalam-dalam. Lah, hanya gerak perlahan tanpa terasa tenaga buas. Ternyata, mesti non aktif fungsi traction control dan differential. Benar saja, begitu injak kembali pedal gas. Ban langsung spin berputar dan selanjutnya tinggal mengarahkan kemudi. Puas bermain tanah, saatnya menceburkan sang Transporter ke medan berlumpur penuh air. Kan sekalian membersihkan ban yang penuh tanah kotor, hihi... Nah, kebetulan di pinggir trek ada sebuah kubangan yang cukup dalam. Langsung saja setir diarahkan. Maju perlahan, injak sedikit pedal gas untuk ancang-ancang, cipratan air langsung memenuhi kaca depan. Klaim bisa ‘berenang' hingga ban tenggelam membuktikan ketangguhan. Hanya saja, kali ini tak perlu full throttle untuk keluar dari kubangan lumpur. Cari feeling, lalu biarkan komputer dengan teknologi 4Motion mengatur traksi yang dibutuhkan. ECU akan membaca roda mana yang berputar lebih cepat, lalu menyalurkan kelebihan tenaga tersebut ke roda lain yang lebih membutuhkan. Tak lagi terasa overpower. Pintar dan cerdas! Ehh, tak hanya untuk rescue, rasanya dibuat untuk motorhome tim balap bakal seru juga nih.

Pasang LSD-Doors Pada Toyota 86, Bergaya Ala Lamborghini

Toyota GT86 atau di Indonesia bernama Toyota 86 merupakan mobil kupe sport yang masih populer dibicarakan sejak kehadirannya tahun lalu. Kental nuansa sport, toh masih banyak rumah modifikasi yang geregetan mengutak-atik penampilannya. Tak heran ketika berlangsung Tokyo Auto Salon awal tahun ini, rumah modifikasi lokal memamerkan berbagai hasil kreasi mereka terhadap 86. Benua Eropa pun tak ketinggalan menunjukkan ketertarikannya pada mobil bermesin boxer 4- silinder 2.000 cc itu. Seperti dengan memasukannya dalam tim balap ketahanan Le Mans 24 jam. Bahkan sebuah perusahaan produk otomotif yang terkenal dengan produk suspensi di Jerman, KW automotive ikut latah mengubah tampilan 86. LSD-Doors, merek dari KW automotive, membuat pintu ala mobil Lamborghini untuk meningkatkan tampilan 86. Dibuat dengan sempurna, tingkat presisi tinggi saat membuka dan menutup. Stabilitas penguncian engsel lengan ayun dalam keadaan terbuka, sangat baik. Untuk Toyota 86, engsel LSD tersedia sebagai kit dengan kabel, dudukan pintu, aksesori dan sertifikat TUV (asosiasi inspeksi teknik di Jerman yang salah satunya mengesahkan faktor keselamatan). Dengan standar teknologi tinggi yang dimiliki, LSD-Doors membuat sesempurna mungkin jika mobil sport buatan Jepang ini melengkapinya dari pabrik. Produknya sudah dites melalui laboratorium dan crash test, sehingga tingkat keselamatannya sama dengan pintu standar. Pintu LSD ini memiliki tiga penyetelan, instalasi yang mudah dan pemasangan yang akurat. Dengan menggunakan Guided Roller System (GRS) yang dapat disetel, pintu dapat membuka dan menutup dengan pas.
Per gas yang digunakan disesuaikan dengan berat pintu untuk menjaga posisi ketika dibuka penuh. Pada penggunaan harian, dengan engsel LSD, pintu terbuka ke arah luar lebih dulu baru kemudian begerak dengan aman ke atas, tanpa bergerak cepat dengan sendirinya. Banyak pabrikan mobil sudah mengetahui perkembangan LSD membuat pintu sayap untuk produk eksklusif mereka. Toyota 86 memiliki nama lain di beberapa negara seperti Subaru BRZ dan Scion FR-S. Meski sudah membuat pintu sayap berbagai merek mobil, namun untuk kedua model itu, LSD-Doors masih dalam tahap pengembangan.

Honda Verza 150 Butuh 154 CC Bensin Menempuh Jarak 19 km

Surabaya, KompasOtomotif - Bersamaan dengan peluncuran Honda Verza 150, di pelataran parkir timur Plaza Surabaya, Jawa Timur, hari ini (9/2), Astra Honda Motor (AHM) dan MPM Motor (dealer utama Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur) bekerjasama menggelar lomba irit bahan bakar. Disediakan 20 unit untuk para peserta yang merupakan media dari Jakarta dan Surabaya yang dilepas oleh jajaran manajemen AHM Koichi Mizuno (Direktur Pemasaran), Agustinus Indraputra (GM Marketing Planning & Analysis Division) serta dari MPM dan AKBP Sabilul Alif (Kasatlantas Polrestabes Surabaya). Peserta dibagi 5 dan dilepas per 4 orang. KompasOtomotif dapat sepeda motor no.17 dan masuk rombongan keempat. Rutenya di seputaran Kota Pahlawan dengan jarak 19 km. Start dimulai jam 09.30 WIB dari Plaza Surabaya menuju jalan Yos Sudarso, Selamet, Kusuma Bangsa, Gubeng, Biliton, Kertajaya, Dharmawangsa, Pacar Keling, Jolotundo, Tambang Boyo, Kali Kepiting, Kalijudan, Kenjeran, Karang Asem, Residen Sudirman, Gubeng dan kembali ke Plaza Surabaya. Diuji kesabaran Selepas gapura start, peserta langsung dihadang oleh hiruk-pikuk kendaraan di depan area perbelanjaan ini, tapi kondisi lalu lintas tergolong lancar. Bukaan gas langsung diurut dan disesuaikan dengan momen pelepasan tuas kopling. Menurut teknisi AHM kondisi paling irit berada di kecepatan konstan 30-40 kpj. Ada sedikit kesulitan menentukan saat pergantian posisi gigi karena pada panel meter tidak tersedia petunjuk putaran mesin (RPM). Kesabaran diuji pada lomba kali ini, lantaran tarikan Verza yang memiliki teknologi injeksi PGM-FI ini cukup enak untuk digeber. Apalagi mesin berkapasitas 150 cc, SOHC silinder tunggal ini memiliki tenaga 13,2 PS dan diklaim mampu akselerasi 0 - 200 m dalam 11,5 detik. Tarikannya terasa ringan, dan mudah disesuaikan. Jadi untuk mengembangkan kecepatan hingga area optimal pada posisi gigi 5 (paling tinggi) sangat cepat dicapai. Belum lagi kondisi lalu lintas yang ramai dan macet di beberapa tititk, ditambah ada beberapa permukaan jalan berlubang dan bergelombang. Strategi amat diperlukan ketika melewati pertigaan atau perempatan. Laju kendaraan diatur agar saat melewati persimpangan bersamaan dengan lampu rambu hijau. Kala melewati lalu lintas yang ramai, meski sepeda motor sport, untuk aksi selap-selip cukup luwes. Sedikit butuh pengawasan lebih adalah desain spion yang agak keluar (posisinya lebih panjang dari setang) agar tidak bersentuhan dengan kendaraan lain ketika merayap di antara sela- sela kendaraan Hasil Setelah menempuh rute selama hampir 1 jam akhirnya peserta satu persatu menyentuh garis finish. Panitia langsung mengecek segel yang telah ditempel pada tangki dan kunci. Metode yang diterapkan kali ini adalah dari posisi bensin penuh dan kembali diisi hingga penuh seperti kondisi awal ( full to full ) menggunakan gelas ukur. Nah, KompasOtomotif menghabiskan bahan bakar yang digunakan Pertamax adalah 154 cc untuk jarak 19 km.

Honda Jazz Tidak Diproduksi Lagi

NEW DELHI (DP) — Honda Jazz tidak lagi diproduksi di India. Honda India memutuskan tidak lagi melanjutkan penjualan Jazz untuk saat ini. Ini adalah keputusan yang mengejutkan, mengingat pasar Jazz di India sedang berkembang. Kebijakan ini diambil menjelang peluncuran Honda Brio Amaze. Honda India ingin lebih fokus kepada Brio dan Amaze untuk mendapatkan penjualan yang sukses. “Honda telah memutuskan menghentikan produksi Jazz di India. Dan semua dealer telah menerima perintah untuk tidak melanjutkan penjualan. Bagi yang sudah pesan akan tetap dikirim,” tulis Autocar India. Penghentian Jazz hanya untuk sementara waktu. Jika Jazz versi terbaru telah diperkenalkan Honda India siap kembali memasarkannya. Kabarnya, Jazz terbaru akan menggunakan platform dari Honda City. New Jazz akan tetap diproduksi di India dengan kandungan komponen lokal ditingkatkan untuk menekan harga. [dp/Wyu] © 2013, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

McLaren P 1 Hypercar Bertenaga 903 hp

WOKING (DP) — McLaren P1 dipastikan memiliki semburan tenaga 903 hp. Perusahaan mengungkapnya menjelang Geneva Motor Show 2013. Menggendong mesin twin-turbocharger V8 berkapasitas 3,8-liter yang mampu menghasilkan tenaga 727 hp pada 7500 rpm. Sedangkan motor listrik mampu menelorkan tenaga 176 hp, sehingga total tenaga menjadi 903 hp pada 7500 rpm. McLaren menegaskan torsinya 719 Nm pada 4000 rpm, sedangkan torsi yang dihasilkan dari motor listrik tembus 192 Nm. Sehingga total torsi yang dihasilkan 664 Nm pada 4000 rpm. Dapur pacu ini disandingkan dengan transmisi 7-speed dual-clutch. Motor listrik tersebut dapat menggapai tenaga 176 hp dengan instan berkat Instant Power Assist System (IPAS). Pengoperasiannya dengan menakan tombol pada kemudi. Baterai dipasang pada bagian bawah chassis serat karbon yang dapat terisi penuh dalam dua jam dengan menggunakan plug-in charger yang disimpan dalam kompartemen bagasi. Hypercar ini bisa berjalan menggunakan baterai sejauh 9,6 km. McLaren juga telah dikonfirmasi P1 menampilkan fitur F1 yakni Drag Reduction System (DRS). Dapat dioperasikan via sebuah tombol di kemudi, dapat mengurangi sudut sayap belakang untuk mengurangi hambatan aerodinamika hingga 23 persen saat melaju di kecepatan tinggi. [dp/Wyu]

Stoplamp LED, Aman Bergaya Ala Formula 1

Lampu tanda kendaraan sedang melakukan pengereman ini basicnya warning lamp yang biasa digunakan pada mobil Formula 1 alias F1 saat turun hujan. Diharapkan dengan pemasangan komponen ini, mata lebih awas saat pengendara di belakang melihat lampu ini. Pemendar cahaya ini punya ngaran Nine. Menggunakan lampu LED (Light Emiting Diode) sehingga sorotan lebih terang. Bentuknya enggak terlalu besar, jadi banyak digunakan di motor turing atau harian. “Ada dua pilihan warna mika lampu. Bening dan merah. Dijual Rp 65 ribu, termasuk breket. Bila ingin berkedip bisa aplikasi relay lagi,” kata Rini Alfi Yani, salah satu staff dari F16 Motor di Jl. HOS Cokroaminoto (Jl. Ciledug Raya) No. 16, Ciledug, Tangerang. Telepon (021) 73446678. (motorplus-online.com)

Ragam T-Shirt Bikers Keren Awal Tahun

Penggemar t-shirt ber-icon motor kini punya banyak pilihan oke. Selain bahan yang sangat nyaman dan adem, desain yang ditawarkan juga sangat menarik dan eye cacthing. Seperti tawaran dari BikerInk yang berlokasi di Ciputat, Pamulang, Tangerang Selatan ini. “Kami memiliki banyak desain buat pengendara. Ada yang spesial untuk kaum skuteris, penggemar motor antik, pengguna motor sport. Sementara untuk desain sangat atraktif,” promosi Adityo Nugroho selaku punggawa BikerInk. Pada produk gaulnya ini, Adityamenawarkan bahan yang cukup nyaman yakni cotton. Selain menjual secara eceran, ia juga mengaku memiliki langganan dari komunitas atau klub motor yang hendak membuat kaos. “Biasa juga menerima pesanan dari teman. Ada desain bisa dari mereka dan ada juga saya yang menawarkan desain itu. Untuk pesanan ini tidak ada batasan minimal,” yakin pria yang bisa dikontak lebih lanjut di nomor 0856-9325-0216. Pilihan ukuran yang tersedia S,M,L dan XL serta pilihan warna menarik, putih, hitam, merah, dan biru. “Harga, rata-rata t-shirt yang dijual BikerInk cukup terjangkau buat kalangan rakyat bikers. Berkisar antara Rp 65-75 ribu per potong,” kata pria akrab disapa Adit ini. Ada juga pilihan t-shirt lain yang nggak kalah menarik dan oke punya. Adalah sodoran Bikewear dari Bandung, Jawa Barat yang juga punya banyak sodoran kaos cihuy punya. Adalah Snutport yang juga sduah lebih dikenal sebagai pembuat kemeja, jaket dan celana jins. Silakan kontak langsung mereka di Jl. Saad No. 16, Naripan, Bandung 40112. Telepon (022) 420 7795. (motorplus-online.com)

Honda CB100, Cafe Racer Home To Office

Dilihat dari sejarahnya, aliran modifikasi café racer muncul dari anak muda di Ingrris yang doyan balapan dengan trek café to café. Namun berbeda dari sejarahnya, Andy Sucahyo ngemodif Honda CB100 kebanggaannya dengan aliran café racer sebagai penunjang mobilitas sehari-hari dengan trek home to office alias dari rumah ke kantor. Menurut pria yang bekerja sebagai staff anggota DPR-RI ini, dipilih aliran café racer karena ia senang dengan tampilan motor yang klasik tapi punya kesan motor kenceng. Kesan klasik menjadi tambah kental karena Andy mengganti rangka dengan Yamaha YAS-1 125 yang muncul di tahun 1968-an. Pada saat pemasangan, Andy dibantu Supri Trail yang berada di Joglo, Jakarta Barat. Ternyata setelah rangkanya dipasang, muncul lagi ide nakal. “Yamaha YAS-1 itu mesinnya twin. Kayaknya asyik jika dibikin twin juga,” tambahnya. Caranya, motor diboyong ke Roby Steam yang berada di Kelapa Dua, Jakarta Barat. Di sana, blok silindernya dibolongi lalu dijelali dua knalpot asli bawaan Honda CB agar punya kesan dua silinder. Nah, sekarang urusan warna. Proses pengecatan dilakukan di Sea Road & Co di bilangan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dipilih warna putih kombinasi merah dibagian rangka agar kesannya klasik. Warna ini dipadu jok kulit yang pada bagian belakangnya dibentuk model buntut tawon agar kesan café racernya muncul. (motorplus-online.com)

Arai Defiant, Helm Rancangan Pedrosa dan Aoyama

Produsen helm asal Jepang, Arai merilis helm baru untuk tahun 2013 yang dikembangkan dengan basis helm sebelumnya RX-Q, helm ini dinamakan Arai Defiant. Yang menarik, desain helm ini turut dikembangkan oleh dua pembalap Motogp, Dani Pedrosa dan Hiroshi Aoyama. Meski helm ini dirancang bersama dua pembalap MotoGP, ini bukan helm buat balap lho! Tetapi dapat digunakan sehari-hari dengan memadukan unsur keamanan dan kenyamanan. Arai Defiant tampil dengan warna dasar hitam yang diberi aksen jingga untuk menimbulkan kesan agresif yang kuat. Lebih dari itu, Defiant juga menawarkan teknologi terbaru yang bahkan belum diaplikasikan di helm unggulan Arai seperti Corsair-V. Yaitu teknologi yang mampu membuat bagian dalam helm senantiasa kering. Desain batok helmnya pun dirancang dengan memperhatikan sisi aerodinamika yang membuatnya mampu memotong angin dan mengurangi efek turbulensi. Dengan begitu, pengendara pun mampu terhindar dari bisingnya angin saat melaju dengan motor mereka. Arai juga memberikan beberapa penyesuaian dan fungsi termasuk mengurangi embun, dengan menambah aliran udara dari empat ventilasi besar. Tuas pembukanya juga lebih mudah diakses, sehingga mudah membuka kaca bila ingin diganti atau dibersihkan. Seperti helm Arai lain, Defiant tetap mengadopsi Facial Contour System ( FCS ), yakni busa yang bisa dilepas untuk dicuci atau diganti. Untuk harganya, Arai Defiant yang disajikan dalam lima warna dan enam pilihan desain grafis ini dijual antara 620 sampa 760 US Dolar dengan lisensi Snell 2010 dan DOT.

Rabu, 20 Februari 2013

Modif Kawasaki Ninja 650,

Gemar modifikasi sekaligus memiliki toko aksesoris dan bengkel modifikasi, menggerakan Steven Lay untuk berpromosi sambil memuaskan hasratnya. Salurannya lewat Kawasaki Ninja 650 yang dimodifikasi, sekaligus dijadikan etalase memajang barang dagangan! “Yoi, Ninja 650 ini sengaja saya jadikan display untuk memajang beberapa barang dagangan," buka Steven dari bengkelnya, Layz Motor di Jalan Arteri Kelapa Dua no 90 E, Jakarta Barat. "Iya, pelanggan jadi lebih mudah melihat aksesori yang kita jual, langsung dari motor setelah terpasang," yakin pria ramah yang enggan tampil berlebihan ini. "Meski etalase, tapi harmonisasi komponennya tetap diperhatikan, jangan terlalu ramai," sambungnya. Konsep "Japanese Style" sengaja diusung dan bisa dilihat dari warna serta desain cutting sticker-nya yang kental nuansa negeri matahari terbit. "Sebenarnya warna motor ini hijau, tapi ditutup stiker warna putih dan ditambah motif matahari terbit dan ikan koi," beber Stevan. Sedang untuk ubahan detail, paling pertama adalah membuatnya kaki-kaki makin besar. Pelek lebar copotan Kawasaki ZX-6R dipasang di roda belakang. Pelek dengan lebar 5,5 inci ini dikawinkan dengan ban belakang Bridgestone Battlax S20 ukuran 180/55-17.
Masih di kaki-kaki, sokbraker belakang yang konstruksinya unik ini diganti dengan keluaran Matris. Selain lebih kekar, warnanya juga meriah karena ulir per tampil segar dengan kelir orange. Semua kaliper diganti Brembo, begitu juga dengan master rem-nya. Agar makin kekar, tangki dipasangi kondom buatan Layz Motor. Sepatbor kolong juga produk yang sama dari bengkel yang memproduksi sendiri komponen-komponen fiberglass. Sebagai pemanis, Steven juga memasang Windshield MRA dan komponen lain yang bisa dilihat langsung di motornya. "Untuk mesin enggak terlalu banyak. Hanya pasang knalpot Nasser Beet Titanium dan menyempurnakannya dengan piggyback Bazzaz," rinci Stevan yang mengaku sanggup melakukan setting semua merek piggyback ini. Habis berapa ya untuk melakukan modifikasi ini? “Biayanya sekitar Rp 70 juta, pengerjaannya sekitar satu bulan,“ ujarnya. “Dan jangan lupa, semua aksesoris di motor ini, juga dijual di toko saya lho,“ tutupnya seraya berpromosi!

Kawasaki Z250 Dijual Lebih Murah Dari Ninja 250 Injeksi

Versi naked dari Ninja 250 injeksi, yang punya nama Z250 dijual dengan harga jual lebih bersahabat ketimbang versi full fairingnya. "Harga jualnya dilepas Rp 48,5 juta on the road Jabodetabek," ungkap Freddyanto Basuki, Marketing & Advertising Department Head PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Sedikit lebih murah dari Ninja 250 injeksi non ABS yaitu Rp 49,9 juta dan benda jauh dari Ninja 250 injeksi versi ABS yang dilepas Rp 56,9 juta.
Harga jual ini tidak beda juga dengan Suzuki Inazuma 250 yaitu Rp 46 juta on the road Jakarta. Motor sport naked 250 cc dari Suzuki ini juga mengusung mesin 2 silinder segaris dan teknologi fuel injection. Perbedaan teknis dengan Z250 hanya pada teknologi kepala silindernya. Z250 serupa dengan Ninja 250R sudah mengusung double overhead camshaft (DOHC), sedang Inazuma 250 masih single overhead camshaft (SOHC). Jadi pilih mana, Z250 atau Inazuma 250?

Kawasaki Ninja 250R

Perbuatan bisa menjadi tolak ukur bagi seseorang buat melihat loyalitas alias kesetiaan. Pastinya, perbuatan yang baik atau yang bisa dibanggakan dong. Niatan baik itu, coba ditunjukan Boy Azsumuji, pemuda asli Jl. Palang Merah, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Boy coba mewujudkan kesetiaan pada club motor kesayangannya. Yaitu, Kawasaki Ninja Club (KNC). Demi mengejar loyalitas tinggi, Boy tak pernah luput dari setiap kegiatan yang diadakan klub. Bahkan, ia juga kerap kali contezt modifikasi. Itu setelah Kawasaki Ninja 250 keluaran 2008 miliknya diboyong dari Banjar Baru ke Jogjakarta.
“Memang saat masih tinggal di Banjar Baru, saya ikut club KNC Banjar Baru. Tapi, ketika 2010 saya kuliah di Jogjakarta, saya juga ikut club KNC SB2W Jogja. Karena saya sudah sangat menyatu dengan club KNC,” kata Boy. Jadi ngomongin klub terus nih! Lanjut ke modifikasnya ya. Buat tarung di ajang modif, Ninja 250 ini dibekali konsep modifikasi fashion harian. Tapi, biar eye catching, bodi dilabur permaian airbrush bermotifkan perisai suku Dayak Kalimantan. Tak tertinggal, tulisan KNC juga dipajang dibeberapa bagian motor. Menurut Boy, awalnya motor hanya dicat pink saja. Namun karena kesannya sedikit lebay dan kurang gagah, maka keseluruhan bodi Ninja dicat ulang. Warna pink, sedikit dibikin agak tua dengan sentuhan airbrush full bertemakan grafis suku dayak di body dan grafis kotak-kotak di arm. Tak luput, pelek juga ikut dilabur motif dan kelir merah Permainan seni airbrush juga berimbas hingga bagian windshield. “Kalau yang ini, monster sedang muntahkan tulisan KNC,” sela Boy. Dalam proses modif ini, Boy menyerahkan ke tiga pihak terpisah. Urusan cat dipercayakan ke Udi Mulyanto dari Potlot Planet Air Brush Jogjakarta. Sedangkan pemasangan part variasi, dilakukan di bengkel Sekawan Jaya Motor Jogja (SJMJ) dan Arif Modification. Untuk airbrush, pengerjaannya hanya butuh waktu satu bulan. Sedangkan pemasangan variasinya, hanya satu minggu. Menurutnya, hasilnya memuaskan. “Inilah salah satu bentuk kecintaan saya pada club KNC. Kalau sekarang, motor bisa ikutan kontes modifikasi dan asyik buat dipakai ngumpul bareng club. Dan yang pasti lebih asyiknya lagi, mantap buat boncengin pacar. Karena dia juga suka dengan modifikasi yang sekarang ini,” tutup Boy sambil merangkul Ira Amora yang kekasihnya. (motorplus-online.com) DATA MODIFIKASI Ban depan : Batlax 120/60-17 Ban belakang: Battlax 150/60-17 Master: KTC Knalpot: R9 Racing Generation

Film Die Hard Hancurkan Ratusan Mobil

Jakarta - Film terbaru Bruce Willis, 'A Good Day to Die Hard' dalam beberapa hari ini terus menjadi bahan pembicaraan. Salah satu pembicaraan yang timbul adalah banyaknya kerusakan yang diperlihatkan di film ini. Dan ternyata ada 132 mobil yang dihancurkan untuk pembuatan film ini. Direktur film ini, John Moore mengakui banyaknya mobil yang dihancurkan dalam pembuatan film ini, kebanyakan karena memang banyak aksi di film Hollywood tersebut. Biaya untuk 132 mobil yang dihancurkan ini pun tidaklah sedikit karena mencapai angka yang cukup gila yakni US$ 11 juta atau sekitar Rp 106,75 miliar. Wow. "Ada 132 (mobil) yang tidak pernah dapat digunakan lagi. 518 (mobil) lainnya memerlukan banyak perbaikan. Dan banyak diantaranya adalah mobil yang benar-benar bagus. Itulah yang namanya bersenang-senang," kata Moore seperti detikOto kutip dari USA Today. "Die Hard ini adalah tentang bagaimana kita berani bertindak. Jadi, Anda harus membawa sebuah Lamborghini yang sebenarnya. Dan ya, itu menyakitkan saya. Saya seorang fanatik mobil," tambahnya lagi. Namun, pengorbanan ratusan mobil dan belasan juta dollar itu nampaknya berhasil mendulang decak kagum dari para penonton fil ini. Banyak diantara mobil yang dihancurkan adalah mobil merek Mercedes-Benz yang menurut Moore cukup familiar di jalanan kota Moskow yang menjadi latar film ini.