
Knalpot merek SC Project beken di MotoGP
karena sponsori tim Ducati Pramac. Jadi,
knalpotnya nempel di pacuan Ben Spies
dan Andrea Iannone. Tapi, tersedia juga
buat pacuan massal sepeti Ducati Street
Fighter 848/1098, Kawasaki ER-6n, Z100
dan moge lain.
SC Project hadir di Indonesia lewat tangan
One3 Motor Shop. “Buat Kawasaki New
Ninja 250 atau Ninja Injeksi juga ready,”
bilang Benny Saputra, owner One3 Moto
Shop.
Tipe Oval ada dua pilihan bahan atau
warna. SC Project bahan carbon dibanderol
Rp 7,2 juta dan yang dari bahan titanium
Rp 7,4 juta (termasuk dB killer.)
Bahan pipa knalpot terbuat dari stainless
steel. “Di tekukan pipa menggunakan
machining khusus, sehingga tekukan lebih
sempurna tanpa bopeng. Juga las argon,
lebih rata dan halus. Sehingga flow yang
dihembuskan lebih lancar,” papar pria
paseh berbahasa Jawa ini.
Tetapi, bagaimana dengan performanya?
Biar sama-sama tahu, MOTOR Plus kudu
uji knalpot SC Project Oval untuk Kawasaki
New Ninja 250. Tentu, tesnya di atas mesin
dyno agar peningkatan power dan torsi bisa
terlihat.
Tes dilakukan di bengkel Aerospeed. Untuk
perbandingan awal, Ninja dirunning
beberapa kali agar power dan torsi didapat
secara maksimal. Ninja standar, power
terbaca 25,43 dk/11.100 rpm dan torsi
17,79 Nm/8.500 rpm.
Kemudian, knalpot SC Project full system
dicangkokkan ke Ninja. Kembali dilarikan
statis di atas dyno. Hasilnya, dengan ganti
knalpot SC Project, power jadi 27,10
dk/11.500 rpm dan torsi 16,90 Nm/11.300
rpm.
“Power dan torsi ini masih belum bisa
dianggap maksimal. Di motor injeksi bila
sudah lakukan penggantian knalpot
hukumnya wajib tuning, minimal aplikasi
piggy back. Kalau di motor karbu kan
minimal setel angin dan jeting,” wanti
Benny panggilan akrab pria ini.
Dengan begitu, Ninja yang sudah tempuh
aplikasi SC Project dikombinasi
penggunaan piggy back. Kali ini, tuning
mengaplikasi piggy back merek Dynojet
Power Commender V. “Dengan aplikasi part
ini pengapian dan bensin bisa mapping
ulang lewat software,” jelasnya.
Setelah dituning, motor kembali dilarikan di
atas dyno. Hasilnya, power masih melonjak
naik jadi 30,05 dk/12.600 rpm dan torsi
18,71 Nm/10.900 rpm.
“Terlihatkan perbandingannya,” tutur pria
yang stay di Jl. Raya Kelapa Puan AF 1,
No. 24, Gading Serpong, Tangerang Banten
dan bisa dicalling di HP 0813-1716-3312.
(motorplus-online.com)
Torsi (Nm)
Rpm Standar SC Project Setting
5.000 12,25 15,31 16,35
6.000 16,33 16,36 17,40
7.000 16,25 16,36 17,26
8.000 16,89 16,55 17,64
9.000 16,91 15,33 17,04
10.000 16,51 14,43 16,41
11.000 13,97 16,92 18,46
12.000 13,97 15,69 17,59
Power(dk)
Rpm Standar SC Project Setting
5.000 10,72 10,76 11,49
6.000 13,32 13,81 14,66
7.000 15,33 16,10 16,96
8.000 19,33 18,61 19,83
9.000 21,36 19,49 21,55
10.000 23,74 20,26 23,04
11.000 25,39 26,13 28,52
12.000 23,56 26,44 29,65
Tidak ada komentar:
Posting Komentar