Sabtu, 09 November 2013

Hitung-hitungan Peluang Marquez dan Lorenzo Menjuarai MotoGP 2013

VIVAnews – Serupa dengan edisi 2006, perebutan titel juara MotoGP 2013 akan ditentukan pada seri terakhir. Pemimpin klasemen sementara, Marc Marquez, dari Honda dan andalan Yamaha, Jorge Lorenzo, hanya dipisahkan 13 poin, sehingga keduanya masih berpeluang menjadi yang terbaik musim ini.

Pada awal musim, Marquez, Lorenzo, dan Dani Pedrosa sama-sama menunjukkan kecepatan terbaiknya dan mereka bergantian menjadi pemenang di setiap seri. Namun, saat memasuki seri 8 di Jerman, kompetisi mulai dikuasai Marquez, seiring cederanya Lorenzo dan Pedrosa. Marquez pun menang pada empat seri berturut-turut sehingga dominan di klasemen.

Lorenzo kemudian mulai bangkit dengan memenangi balapan di Inggris dan San Marino, sedangkan Marquez hanya mampu finis kedua. Dan, puncaknya adalah balapan di sirkuit Phillip Island, Australia. Lorenzo finis pertama, dan Marquez sama sekali tak mendapat poin lantaran didiskualifikasi akibat melanggar peraturan masuk pit. Perbedaan poin mengecil, dari 43 menjadi 18. 

Setelah memenangi balapan di Motegi, Jepang, perbedaan menjadi 13 poin saja dan perebutan gelar juara ditentukan pada seri pamungkas di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 8-10 November 2013. Marquez hanya perlu finis di posisi 4 besar untuk bisa menahbiskan diri menjadi juara MotoGP musim ini. Namun, ada beberapa kemungkinan lain yang akan menentukan perebutan titel juara.

Berikut hitung-hitungan peluang Marquez dan Lorenzo, seperti dilansir Crash:
- Jika Lorenzo menang, Marquez harus finis di posisi 4 atau lebih baik untuk menjadi juara
- Jika Lorenzo finis kedua, Marquez harus finis di posisi 8 atau lebih baik untuk menjadi juara
- Jika Lorenzo finis ketiga, Marquez harus finis di posisi 12 atau lebih baik untuk menjadi juara
- Jika Lorenzo finis keempat, Marquez harus finis di posisi 15 atau lebih baik untuk menjadi juara
- Jika Lorenzo tak finis di empat besar, Marquez otomatis menjadi juara (one)


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar