Kamis, 15 Agustus 2013

Hampir 100% Pengemudi Tak Tahu Arti Semua Indikator di Dashboard


London - Indikator di dashboard bukan lah mainan. Indikator itu memberi tahu kondisi kendaraan Anda. Tapi rupanya hampir semua pengendara tidak mengetahui arti-arti indikator yang muncul.

Penelitian yang dilakukan di Inggris oleh Britania Rescue menemukan hampir 100 persen pengemudi tidak mengerti simbol-simbol pada panel instrumen. Panel instrumen pada dashboard ternyata cukup membuat pengendara merasa kebingungan.

"98 persen pengemudi tidak mengerti semua lampu peringatan pada dashboard, terutama karena ada 99 variasi simbol di dashboard dan hanya 15 simbol yang dikenal pada mobil baru. Sementara itu hanya 12 simbol yang konsisten tersemat pada semua model mobil," kata peneliti dilansir carscoops, Kamis (15/8/2013).

Ketidaktahuan pengemudi karena produsen mobil kerap mengubah penampilan interior mobil. Sementara antara mobil satu dengan lainnya banyak menyuguhkan simbol yang berbeda-beda dengan fungsi yang beda pula.

Seperti Marcedes-Benz E Class. Mobil tersebut memiliki 41 jenis lampu peringatan di dashboard, atau hampir dua kali lebih banyak dari Volvo S40.

Dan lebih miris lagi ketika para peneliti menemukan 35 persen pengemudi tidak mengenali lampu peringatan airbag. Interior mobil menurut para peneliti menyulitkan pengendara sehingga tidak mengerti maksud dari simbol-simbol tersebut. Woalah...

(ddn/ddn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar