
Entah sekedar main perasaan atau memang
bener adanya, seorang rekan kerja SF
menceritakan jika motornya terasa makin enteng
larinya setiap kali selesai dicuci. SF jadi mesem
doank denger soal ini. Tapi statement itu bikin
SF berpikir…. puter otak ambil tablet dan bikin
artikel sebisanya :
dan ini hasil analisa ngawurnya :
1 . Cuma feel saja, motor abis dicuci terlihat
kinclong bikin rider makin PD, seneng, bungah
sehingga feelnya juga jadi bagus
2. Setelah dicuci, lumpur yang sudah menempel
berton-ton di bodi motor jadi ilang, bobot motor
jadi enteng (meksooo.. ! )
apalagi motor SF yang jarang kena air bersih,
lumpur disana-sini, kalau dilempar kacang ijo
bisa tumbuh di motor kali
3. Rantai dan gir menjadi agak bersih, gesekan
berkurang (ask : ditempat pencucian motor apa
termasuk bersihin rante dan gir ya ??? )
4. Nah ini yang agak logis. Motor jarang dicuci
bikin kisi-kisi mesin yang berfungsi
mendinginkan mesin tertutup pasir dan lumpur
mengering. Ini yang bikin proses pendinginan
motor ga sempurna bikin suhu mesin lebih
tinggi. Setelah motor dicuci, lumpur yang
menutup kisi-kisi/ sirip mesin terusir dan proses
pendinginan menjadi lebih baik. Apalagi motor
beradiator. Biasanya radiator berada dibelakang
roda depan, rentan sekali terkena cipratan
lumpur. Kalau kotor jelas bikin efektifitas
radiator mendinginkan mesin berkurang.
Begitulah kira-kira…
Sooo…. klo mau nyuci jangan lupakan sektor
mesin dan radiator ya…..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar