
Beberapa waktu lalu SF pernah menulis soal
mahalnya parts Ninja 250 dibanding CBR 250
dan Minerva megelli 250 . Tujuan SF menulis
artikel itu untuk memberi masukan kepada KMI
agar memperhatikan hal ini (tapi blog kecil kaya
gini dilirik ga ya?). Nah artikel tersebut sengaja
SF linkkan di web komunitas online Ninja 250
dengan harapan banyak member yang protes
sehingga makin didengar KMI. Tapi ternyata
dugaan SF meleset, beberapa member
memaklumi mahalnya sparepart ninja karena
speknya yang diatas rata-rata merk lain
(katanya loh ya.. ) , 2 silinder, raihan RPM diset
tinggi, tenaga paling besar dll. Untuk parts
mesin okelah spek Ninin termasuk ditas rata2,
tapi untuk parts lain?
Pernah iseng tanya mekanik kawasaki saat beli
filter olinya si bolot, alasan mahalnya parts
kawasaki karena import. Lah ngapain import
kalau di Indonesia banyak dan partnya sudah
berstandard international? Atau memang KMI
ambil margin terlalu tinggi. Entah …ane sendiri
kurang paham. Konsumen awam yang ga
mengerti tehnis permotoran melihat harga mahal
ya mahal. Titik… ! bagi SF tentu ga serta harus
ngikut kebijakan KMI untuk beli parts ori. Ada
anggapan ada uang ada rupa? Barang substitusi
bikin rusak??? Hmmm….. silahkan beli barang
mahal wong itu duit anda sendiri kok. Bagi SF…
ogah, jelas ga mau barang mahal kalau bisa
cari barang substitusi dengan kualitas sama
bahkan lebih baik.
, busi misal jelas milih punya thunder 125, masa
busi ori dihargai 75rb x 2 150 rb(CR8E). Lah
punya thunder/vixion paling maksimal 15rb
sebiji cuma beda bungkus, kualitas sami
mawon… tiger ane pake busi 15 rban juga bisa
lari 135 kpj (doeloe)
kampas rem ori diatas 200 rb?SF jelas milih beli
kampas rem racing harganya ga sampai
separuhnya, hasilnya pakem juga, lah wong
merk ini terbukti dipake roadrace segala kok.
Temen juga sudah pake di ninjanya.
Bohlam tipe H7 harga 360rb sebiji! Menurut
tabloid otomotif edisi 10 nov 2011 bisa pake
punya mobil grand vitara, dengan merk dan spek
sama dihargai 60 rban. Atau bisa pake merk
lain misal osram nightbreaker bisa lebih terang
malah, harganya cuma 1/3 harga ori. Contohnya
masih buanyak lagi bro, misal laher2, handle
rem/kopling, kabel kopling, gir set, spuyer, dll.
Mau bayar mahal untuk sparepart dengan
kualitas sama? Silahken saja nanggung biaya
importnya
klo ingin hemat pakai barang substitusi, namun
pastikan dulu kualitasnya, searching di google
pengakuan user yang pernah pakai, dan jika bisa
pakai part original atpm lain atau merk ternama
karena QCnya terjamin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar