
Menyambung artikel terdahulu mengenai
penjualan Ninja yang meninggalkan jauh
kompetitornya sampai lebih dari 4 kali lipat
selama semester I 2012 menunjukkan bahwa
value added sang kompetitor berupa
kecanggihan technologi, kaki kekar, panel
dashboard digital, kenyamanan berkendara
hingga irit bahan bakar takluk oleh keganasan
mesin 2 silinder. Nah di Indonesia,pabrikan
besar yang malu-malu kucing keluarkan motor
250 cc adalah Yamaha. Isu didunia maya
yamaha sedang menyiapkan motor 250 cc
penghadang laju ninja 250 dan CBR 250,
tentunya secara global. Efeknya bagi Yamaha
Indonesia lebih besar lagi, karena bukan hanya
mengganggu pasar 250 namun juga menjadi
flagship. Ingat loh yamaha ga punya flagship
setenar Ninja, CBR, maupun Inazuma. Back to
topic… untuk masuk dipersaingan 250 cc
Yamaha punya 2 alternatif. Pertama masuk
segmen sport fairing… di Indonesia tentunya
lebih menjanjikan motor multi silinder,
gabungkan saja dengan kelebihan para
kompetitor. Rival terberat yamaha (honda)
pastinya bertekuk lutut. Bahkan sang pemimpin
pasar di kelas 250 cc bakal kalang kabut.
Misalkan saja YZR250 atau R4 pake 2 silinder,
injeksi, ban lebar 140, dashboard digital, rangka
deltabox, trus harganya mepet-mepet dengan
kompetitor tentu bikin kompetitor gemeteran.
Alternatif kedua ya main di blue ocean…
masukkan saja Fazer 250 sebagai pengganti
scorpio. Naked 1 silinder harga lebih
terjangkau. Pengen lebih gampang lagi… ndak
usah produk global. Bikin dhewe saja pake bodi
sekeren byson templokin mesin scorpio bore-up
250cc + injeksi trus dijual dibawah 30jt.
(Tambah ngawur lagi dah…
)
Yahh… sekedar saran yang saya yakin ga bakal
didengar YIMM. Lah wong pecinta yamaha yang
teriak-teriak masukin R15 saja ga digubris
(malah disuruh modif vixionnya
) apalagi usulan blogger newbie
Tidak ada komentar:
Posting Komentar