
Rabu, 03 April 2013
Parts balap buat harian, guna ga sih?
Motor balap diset semaksimal mungkin melaju
di lintasan mengejar lap time terbaik. Karena itu
menggunakan parts yang bisa bikin motor makin
ngacir. Masalah ngacir ga hanya ditentukan oleh
oprekan mesin loh, bisa jadi dari kaki-kaki
(mulai velg,rem,ban,dll),penunjang kestabilan
(misal shock,steering damper,footstep
racing,setir jepit,dll), dan pernak pernik lainnya.

Seringkali terjadi salah kaprah bagi sebagian
rider yang beranggapan parts spek racing lebih
baik dibanding parts original, maka dari itu
banyak yang modif motor hariannya
menggunakan parts racing. Masalahnya bener
ga parts tersebut sangat bermanfaat atau malah
cuma pemborosan?
Yuk ulas sedikit demi sedikit
Sektor mesin :
wah klo ini motor buat harian ga berani macem-
macem, efisiensi juga jadi pertimbangan utama.
Jika ingin oprek harian jangan kejar power
namun torsinya. Cukup pake part plug N pay
ndak usah bongkar jerohan mesin.
Sektor kaki-kaki
-Penggunaan ban pada motor harian melingkupi
semua kontur jalan dan kondisi cuaca,
penggunaan ban racing (cenderung kompon soft
+ dry tire) kurang cocok karena licin pada
kondisi tertentu,gampang rusak dipakai di jalan
ancur serta cepat habis. Mending pakai ban
spek jalan raya tipe sapu jagad (all season)
kompon medium-hard dengan ukuran sedikit
lebih lebar dibanding bawaan sudah cukup bikin
PD.
- perangkat rem :penggunaan kampas rem
racing cenderung soft, cepet habis buat harian
dan mahal. Piringan cakram juga dilebarkan. Klo
SF sih cukup gedhein piringan cakram sudah
maknyuss ,pakem abis.
- velg : di OMR n250 ada yang pake velg
magnesium harganya sama dengan sebiji motor
sport! Tujuannya buat meringkas bobot motor.
Ada duit nganggur monggo beli. SF mah cukup
pake produk lokal yang lebar sajah… dipadu
dengan ban lebar daya cengkeram lebih
kenggigit tampilan terupgrade signifikan.
Sektor kestabilan:
- shock : klo di balap mengejar kestabilan di
kecepatan tinggi, biasanya shock lebih keras
dibanding harian. Klo modif harian mending cari
yang nyaman (empuk dan rebound bagus),
beberapa motor sudah enak bawaannya.
- steering damper : bikin stabil buat manufer
balap, buat harian bukannya bikin pengendalian
tambah berat ya? SF rasa pemborosan, kecuali
buat ingin tampil modis saja.
- footstep racing : pernah nih nyoba di GL max
tunggangan, perasaan malah bikin pegel
-setir : untuk dibalap beban motor diusahakan
digeser kedepan untuk kestabilan, otomatis
sektor depan nunduk dipakailah setir yang lebih
tiarap. Biasanya dipadukan sama footstep
racing. Kalau buat harian yo pugell yooo…
enakan malah ditambah raiser biar ga bungkuk.
Asesori balap lainnya : misalnya lampu buta
(fairing/bodi depan polos tanpa lampu/sein),
single seater, dll tujuannya kalau ga
menurunkan bobot ya menaikkan aerodinamis
buat harian malah cenderung menurunkan
fungsional motor
So intinya ga semua produk untuk balap cocok
buat harian karena cenderung pemborosan ga
berfungsi maksimal, tujuan pemakaian motornya
juga beda. Yang racing ngejar kenceng dan
stabil, yang harian ngejar irit dan nyaman….
kecuali nih ada duit berlebih silahkan pakai
parts racing, beberapa parts bisa upgrade
tampilan dan menaikkan gengsi motor
beberapa part bisa juga menambah keamanan.
Klo salah pertimbangan ya apes… bikin bahaya
dan buang duit.
Klo parts motor drag yang cocok buat modifikasi
motor harian opo yo ….
???
-warning !!! : “cacing” was used for fishing lure,
not for tire -

Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar