
Saat pinjem motor orang yang sebelumnya
belum pernah kita jajal. Hendaknya perhatikan
dulu hal-hal berikut :
-kedalaman rem dan letak tuas rem
siapa tahu ga pernah riding matic dan baru tahu
kalau tuas kiri itu bukan kopling melainkan rem
. Pengenalan terhadap kinerja rem juga penting
siapa tau rem terlalu dalem atau bahkan ga
pakem. Biar makin sigap jika panic brake.
-cara stater motor. SF pernah punya
pengalaman konyol… seorang rekan pengen jajal
matic. Setelah diberi kuncinya doi kebingungan
ga bisa stater motor. Akhirnya motor distandard
tengah bersiap stater engkol. Mengetahui itu SF
mendekat “loh ngapain susah-susah pake kick
stater, kan ada electric stater?” Jawabnya “ga
bisa tuh beberapa kali dipencet ga ada respon,
aki tekor kali” Rupanya doi ga tau jika harus
tekan tuas rem
.
-cari posisi riding yang senyaman mungkin
-kenali posisi saklar, beberapa merk motor
punya posisi berbeda-beda ada saklar lampu
dikiri dan ada yang dikanan, bahkan saklar
klakson dan sein ada yang saling tertukar.
-perhatikan kondisi permukaan ban siapa tau
sudah sllick alias tanpa kembangan.
-pelajari lampu indikator pada speedo.. jangan
sampai indikator oli samping berkedip tapi
masih dibawa ngloyor. Jebol tuh mesin (bagi
motor 2 tak).
- pastikan kelistrikan berfungsi dengan baik.
Kalo misal sein mati ya pake isyarat tangan
atau kaki saat mau cornering
-ijin dulu pada empunya boleh nggak motor
digeber… sapa tau sipeminjem sotoy…! Motor
inreyen langsung buat ngebut
Lebih baik jika kita sebagai pemilik motor
menginformasikan pada peminjam mengenai
ketidaknormalan motor misal “bensin habisss
loh”
. Intinya pertama pake motor orang diurut dulu
pelan-pelan sambil pembiasaan, jangan
langsung geber.
Begitupula saat mo nyolong motor, jangan
langsung geber. kan belum biasa…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar