
Menurut SF perawatan motor rutin adalah
keharusan! Masalah pemborosan atau kaga ga
bisa disamakan antara rider satu dan lainnya,
termasuk masalah dikerjakan sendiri atau pakai
bengkel resmi juga tergantung kemampuan
individunya. Dulu jaman masih kuliah uang jajan
terbatas. GL max tunggangan sangat jarang
servis rutin ke bengkel, seringnya bongkar
sendiri mulai bersihkan karburator,olesi kabel
gas-kopling,rem,bersihkan filter udara dan
bensin sampai stel klep sendiri untung SF sering
hangout bareng rekan2 montir sehingga sedikit
tau cara stel motor. Nah saat sudah kerja dan
punya dua balita dirumah kadang ga cukup
waktu melakukan kegiatan servis motor sendiri.
Alhasil seringkali SF pakai jasa bengkel
langganan. Namun periode servisnya sedikit SF
batasi tiap 3000 km. Kalau ganti oli sih patokan
SF maksimal tiap 1500 km, saat itu kalau
sempet SF semprot cairan penetran ke kabel
gas/kopling,dan bersihkan filter udara. Nah 1500
km kemudian baru mengunjungi bengkel untuk
servis terutama bersihkan karbu dan stel klep
maklum kerjaan ini yang paling banyak menyita
waktu.
Intinya punya motor 4 tak kunci utama untuk
keawetan mesin adalah periode ganti oli mesin
dan bersihkan filter udara…! Jangan sampai
telat. Klo yang lain telat telat dikit ga masalah…
asal kalau ada keluhan segera kebengkel ya,
jangan dipaksa ngglinding terus….keburu rontok
motornya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar