Rabu, 21 November 2012

Brutus: Sepeda Motor SUV Berperawakan Ekstrim


MILAN (DP) — Selama ini Anda mungkin hanya mengenal SUV (sport utility vehicle) sebagai sebuah mobil yang memiliki fungsi di segala medan. Tapi oleh pria Italia Tartarini Alexander sepeda motor juga bisa disebut SUV apabila memiliki kemampuan yang sama.
Sayangnya, tak ada sepeda motor yang berfungsi layaknya SUV sebelum Tartarini membangun Brutus. Putra dari Leopold, pendiri Italjet ini memang ekstrim dalam mencurahkan emosi dalam konsep baru sepeda motornya.
Brutus dikatakan Tartarini sebagai kendaraan roda dua yang memiliki karakter tenis seperti SUV roda empat. Hal itu setidaknya dapat diliat dari penggunaan roda besar berprofile off-road pada Brutus.
Walau dimensinya gambot, bukan berarti motor konsep yang ikut diperlihatkan pada EICMA 2012 ini menggendong mesin besar. Kuda besi ini hanya diberikan mesin berkapasitas 750cc. Toh begitu, Tartarini telah membedah mesin tersebut sehingga memiliki tenaga dan torsi besar.
Tujuan performanya yang besar tak lain agar Brutus mampu hidup di segala medan, termasuk jalan belumpur dan salju sekalipun.
Tartarini juga mengatakan bahwa Brutus mudah dikendarai. Sistem transmisi otomatis CVT 2-speed akan menjawab tuntutan itu. Bahkan, uniknya, transmisi Bremo tersebut memiliki satu perseneling mundur “R”.
Menurut Tartarini, Brutus tak memerlukan kecepatan tinggi. Baginya, sepeda motor SUV lebih penting bila memiliki keunggulan dalam rasa dan mampu menghasilkan pengalaman berkendara ketika digunakan.
“Brutus akan memberikan kesenangan, dan secara emosional akan mengajak Anda melihat keajaiban serta keunikan alam yang tak bisa dilakukan sepeda motor lain dengan mudah,” ujar Tartarini. [dp/GRG]
Spesifikasi Brutus
Engine: Single cylinder, 4-stroke DOHC, 4 valves
Displacement: 750 cc
Bore and Stroke: 106 x 85 mm
Power: 45 hp
Fuel: Unleaded Petrol RON. 95
Compression Ratio: 10: 1
Transmission: CVT with reverse
Clutch: Dry
Chassis: Frame in high strength steel
Front suspension: Telescopic hydraulic fork with Ø 43 mm upside down
Rear suspension: Hydraulic shock absorber double effect, with adjustable spring preload
Front brake: Stainless steel disk, Ø 260 mm, floating caliper
Rear brake: Stainless steel disk, Ø 260 mm, floating caliper
Front wheel: Light alloy – 14 x 6 ”
Rear wheel: Light alloy – 14 x 7.5 ”
Front tire: Tubeless AT 26X8 – 14 ”
Rear tire: Tubeless AT 26X10 – 14 ”
Wheelbase: 1500 mm
Width: 850 mm
Seat height: 850 mm
Maximum length: 2200 mm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar