Rabu, 21 November 2012

Februari 2013, Samsung Akan Ungkap Prosesor ARM 8-Core

Perkembangan teknologi mobile terus melaju dengan pesat. Dan, sudah diketahui bahwa teknologi prosesor saat ini sudah mencapai quad-core, dimana sudah banyak tertanam di beberapa perangkat. Tapi apakah berhenti di sini? Tentu saja tidak.

Saat ini tentulah para vendor perangkat mobile sudah merencanakan banyak hal untuk produk masa depannya, termasuk jenis prosesor yang akan dipakainya. Contohnya adalah Samsung, yang sudah menyiapkan proses evolusi dari prosesor, yang akan menghadirkan chip ARM 8-core. Dan, dari kabar yang beredar pabrikan asal Korea Selatan itu bakal mengungkap rencananya tersebut pada ajang International Solid-State Circuits Conference, yang akan digelar pada 19 Februari tahun depan. 

Ide evolusi ini tampaknya berhubungan dengan "companion core, yakni core pendamping yang didasari dari Tegra 3. Tegra 3 adalah sebuah chip quad-core dengan inti pendamping kelima, yang digunakan untuk proses kinerja ringan, dalam rangka meningkatkan masa pakai baterai. Sedangkan nanti pada chip 8-core Samsung direncanakan untuk menjadi ARM Cortex-A15 quad-core 1,8 GHz untuk pengolahan tingkat tinggi, plus Cortex-A7 quad-core 1.2GHz untuk operasi pengolahan ringan. 

Untuk prosesor Cortex-A7 akan menerapkan proses pabrikasi 28 nanometer, yang membuatnya akan 5 kali lebih kecil dan lebih efisien dibanding Cortex-A8, yang digunakan saat ini.

Sayang, hingga saat ini belum ada informasi kapan nantinya sistem prosesor ini akan dirilis. Yang pasti, nantinya ini akan menjadi sebuah evolusi baru di dunia perangkat mobile. (Ardian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar