Selasa, 02 April 2013
Kenapa kick stater begitu penting di motor masa kini
Ada pengunjung bingung…saya
mempermasalahkan ditiadakannya kick stater
pada new vixion padahal saya sendiri punya
N250 yang ga ada kickstaternya
. Saya jabarkan alasannya dan pembuktian
menurut SF
Tiger SF akinya tergolong baru, kondisi lampu
updrade jadi 50 watt namun lampu senja dan
lampu rem telah ganti led sehingga daya yang
diperlukan saat semua nyala setara seperti
standar. Hari-hari normal buat bekerja lampu
nyala terus dan ga pernah tekor. Dilampu merah
motor matipun stater masih jreng ngangkat
(meski lampu masih menyala), klakson hella kw
3 juga selalu nyaring terdengar. Nah pas macet
parah beberapa hari lalu SF coba tetap memaksa
lampu melotot terus . Perjalanan pulang 20 km
yang biasanya ditempuh dalam 1 jam kali ini
ditempuh dalam 2 jam… (bayangkan naik motor
kec rata2 10kpj) otomatis motor sering berhenti
dengan putaran mesin minimum… pengisian aki
ga optimal sedangkan daya keluar tetap besar!
Alhasil aki tekor dalam kondisi seekstrim ini!
Pas dilampu merah tiger SF tiba2 mati dan
stater elektrik ga kuat ngangkat. Untung ada kick
stater. Selanjutnya terpaksa lampu utama SF
pindah ke lampu senja yang telah memakai led.
Sampai rumah aki lumayan terisi kembali dan
esok harinya bisa ngangkat electric stater.
Bayangkan jika motor yang lampu utama dan
kelistrikannya langsung ambil dari aki (DC ya…
CMIIW) dan tidak ada saklar lampu (AHO). Saat
macet parah ekstreem dikuatirkan bakal tekor
tuh aki.
Eh ya pernah juga pas pulang kerja hari jumat,
karena keburu kunci kontak masih dalam posisi
on. Senin pagi motor langsung ngambek ga mau
pakai elektric stater. Untunglah ada kick stater…
mau contoh lagi?
Pernah seminggu lebih tiger SF pakai kick stater
saat aki tekor dan belum sempet ganti karena
sok sibuk
, atau misal pas kantong tipis nunggu gajian…
motor kan masih bika dipakai meski kudu
mancal.
Bagaimana jika punya motor ga ada kick
staternya? Saat pake ninja 250 dikemacetan
atau menunggu lampu merah, lampu utama
(50watt!) SF switch ke lampu senja. Aki motorku
yang berusia 3 tahun inipun masih segar bugar.
. Apesnya motor-motor sekarang malah ga ada
saklar lampunya … jika tinggal dikota besar
rawan macet tak terduga sepertinya wajib kasih
saklar lampu biar aki awet. Macet total atau pas
lampu merah/persimpangan kereta switch ke
lampu senja, kasih kesempatan aki sedikit
istirahat
Ada alasan kuat kenapa CB150R yang notabene
basisnya dari CBR150 memakai kickstater. Biar
kalau aki tekor menghadapi kondisi ekstreem ga
kuatir apalagi CB150R pakai lampu berdaya 50
watt.
Kick stater memang jarang dipakai apalagi
kondisi motor masih bugar, tapi bukannya ga
diperlukan terutama saat kondisi tak terduga.
Monggo komentarnya…
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar