Rabu, 03 April 2013

Servis Motor Rutin, suatu keharusan atau pemborosan

Menurut SF perawatan motor rutin adalah keharusan! Masalah pemborosan atau kaga ga bisa disamakan antara rider satu dan lainnya, termasuk masalah dikerjakan sendiri atau pakai bengkel resmi juga tergantung kemampuan individunya. Dulu jaman masih kuliah uang jajan terbatas. GL max tunggangan sangat jarang servis rutin ke bengkel, seringnya bongkar sendiri mulai bersihkan karburator,olesi kabel gas-kopling,rem,bersihkan filter udara dan bensin sampai stel klep sendiri untung SF sering hangout bareng rekan2 montir sehingga sedikit tau cara stel motor. Nah saat sudah kerja dan punya dua balita dirumah kadang ga cukup waktu melakukan kegiatan servis motor sendiri. Alhasil seringkali SF pakai jasa bengkel langganan. Namun periode servisnya sedikit SF batasi tiap 3000 km. Kalau ganti oli sih patokan SF maksimal tiap 1500 km, saat itu kalau sempet SF semprot cairan penetran ke kabel gas/kopling,dan bersihkan filter udara. Nah 1500 km kemudian baru mengunjungi bengkel untuk servis terutama bersihkan karbu dan stel klep maklum kerjaan ini yang paling banyak menyita waktu. Intinya punya motor 4 tak kunci utama untuk keawetan mesin adalah periode ganti oli mesin dan bersihkan filter udara…! Jangan sampai telat. Klo yang lain telat telat dikit ga masalah… asal kalau ada keluhan segera kebengkel ya, jangan dipaksa ngglinding terus….keburu rontok motornya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar