Selasa, 02 April 2013

Pertimbangkan dulu konsekwensi pasang ban lebar

Pasang ban lebar untuk motor memang bikin tampilan motor jadi gagah, namun dibalik itu banyak kerugian yang harus ditanggung. Beberapa kali SF melihat penampakan tiger, scorpio bahkan matic memakai ban super lebar diatas 150. Ban lebar bikin beban motor semakin berat, ditambah lagi pemasangan yang tidak presisi bikin efek merugikan dibelakang hari. Dari berbagai sumber berikut saya rangkum beberapa efek akibat modifikasi ban super lebar : 1. Performa motor turun, baik akselerasi maupun top speed 2. Baut gir rawan patah, apalagi bagi rider yang suka tarik-tarikan 3. Usia rantai dan gir berkurang, Kalau pada tiger dan beberapa motor lain pemasangan ban diatas ukuran 130 mewajibkan ganjal gir belakang (memakai spacer) nah ini yang bikin gir depan dan belakang ga sejajar akibatnya rantai pada posisi ga lurus, gesekan antara gir dan rantai makin besar. Selain performa motor turun, rantai dan gir set pasti lebih cepat aus karena gesekan berlebih. Pada matik jeroan cvt juga cepet aus. 4. Handling motor berat, jelas karena area roda yang bersentuhan dengan aspal semakin besar. Kalau roda depan kebesaran jelas bikin capek nembus kemacetan. 5. Mempercepat keausan mesin, otomatis jika pasang ban lebar beban mesin bertambah. Fast moving yang bakal tesiksa selain gir set, kampas kopling, rantai kamrat, dsb Salah satu modifikasi yang paling saya sukai adalah pasang ban lebar, tapi dengan mempertimbangkan hal diatas ukuran lebar ban saya batasi pada titik aman. Untuk Ninja saya ganti ukuran 120 (depan) dan 150 (belakang) memakai ban radial (battlax BT92), nah untungnya ban tipe ini lebih ringan dibanding ban tipe bias (semacam BT45). Sedangkan ban bekas ninja ukuran 110(depan) dan 130(belakang) saya pake buat tiger yang telah memakai velg 17 ” pas tanpa ganjal gir belakang supaya ga mentok rantai. Akselerasi tiger sih hampir sama bahkan sedikit lebih baik dibanding standar (karena mengecilkan diameter roda = efeknya gedein gir belakang), namun top speed jelas berkurang. Yang jelas enaknya selain motor terlihat gagah, grip bertambah sehingga lebih PD saat rem mendadak dan bermanuver. efek negatif seperti diatas mungkin tetap ada namjn ga separah jika pasang ban super lebar. Berlebihan ga baik buat kantong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar