Selasa, 02 April 2013

Tips singkat parkir motor ditanjakan

Siang-siang niat beli nasi bebek bareng teman di warung langganan. Begitu naik di parkiran motor yang menanjak itu, tukang parkir langsung menghampiri berniat ganjal ban motor SF agar ga mundur. Langsung SF tolak, “ndak usah mas, ganjelnya buat teman saya saja” doinya agak ngotot “nanti kalo mundur bahaya pak” saya langsung matikan motor dan masukkan ke gigi 1 trus saya standar samping. ” nah aman kan, ga bakal mundur nih tiger “, cengar cengir tukang parkir itu lantas menghampiri teman saya pengguna mio, karena cukup menyusahkan untuk standar tengah ( bahaya karena motor pasti langsung wheelie) , belum lagi berat nanti mengembalikan standar tengah ke posisi semula, rekan SF disarankan untuk standar samping dan selanjutnya ban belakang diganjal kayu sama tukang parkirnya. Ini susahnya motor matic tanpa parking brake lock . Klo ga ada ganjel ya mau ga mau di standar tengah. Yang susah tuh jika parkir matic diturunan, distandar tengah bisa ngeloyor apalagi di standar samping. Untuk bebek jika parkir di tanjakan atau turunan perlakuannya seperti motor sport, cukup masukkan ke gigi 1. Emang ada tempat parkir nanjak gini? banyak bro biasanya rumah atau tempat usaha didaerah banjir cenderung tinggi dibanding jalan raya, otomatis bagian depan rumah dibikin nanjak biar air banjir ga masuk. Nah khusus untuk motor sport nih ada satu tips lagi. Saat mundur dari tempat parkir yang menanjak, otomatis kedua kaki kudu menapak pada tanah karena menahan bobot motor yang terasa makin berat ditanjakan, ketika mundur jangan mengurangi laju kendaraan dengan rem belakang karena menyebabkan hanya 1 kaki yang menahan bobot motor bahaya bisa njungkel kalo ga kuat atau ga seimbang, sedangkan jika pakai rem depan, jadinya susah membelokkan arah motor karena ban depan cenderung ngunci dan motor bakal ngeloyor.. Caranya masukkan gigi 1 untuk pengereman, tahan kopling agar motor mundur dan lepaskan pelan-pelan untuk mengurangi laju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar