Selasa, 02 April 2013
Sport 125 cc kelas nanggung haruskah disuntik mati?
Ingat betul saat SMP SF pengen banget punya
motor sport, pengennya sih GL Pro neotech,
yang ada dalam pikiran saat itu motor harus
batangan karena terlihat macho, powerfull dan
stabil
Tapi ortu malah membelikan SF muda GL Max
125 neotech. Alasannya karena mesin alus, irit
dan awet dibanding gL pro. Okelah ga masalah
toh 14 tahun silam GL Max neotech 125 cc
powernya sudah diatas bebek 4 tak yang saat itu
hanya ada 100 cc .
Nah sekarang jaman sudah berubah. Bebek dan
matic sudah banyak yang ber CC 125 keatas
dengan technologi yang lebih maju. Banyak
orang pastinya berfikir, buat apa beli motor
sport batangan 125 cc jika bebek atau matic
powernya hampir sama bahkan dapat
keunggulan lebih irit dan lebih nyaman buat
kemacetan. Di Indonesia hanya ada 1 pemain di
kelas sport batangan 125 cc yakni suzuki
Thunder dengan harga 15 jtan, selain powernya
yang nanggung, modelnya juga mulai out of
date. Suzuki kudu berani upgrade besar-besaran
si thunder ini, mesin upgrade jadi 150 cc, dan
body ganti total niru jejeran mogenya. Penjualan
sport batangan suzuki bikin miris loh, sangat
jauh dibanding yamaha, honda, bahkan
kawasaki. Memang masih ada sih yang beli
suzuki thunder. Kalau boleh nebak itu karena
keunggulan Sport batangan 125 cc yang ga
dimiliki bebek dan matic yakni Stabilitas dan
kapasitas tangki yang besar serta jangan
lupakan faktor harganya yang murah! Tapi toh
tetap saja hal itu ga banyak membantu dalam
hal penjualan.
Ingat loh ya ada alasan kenapa Honda
meninggalkan kelas sport batangan ber cc kecil
yang dulu dihuni honda win 100 dan gl max 125,
yamaha yang juga bermain dikelas 150 cc
keatas, serta Kawasaki yang spesialis motor
kencang. Bahkan pulsar juga menanggalkan
sport 125 cc, dan menggantikannya dengan
pulsar 135 cc yang powernya setara sport 150
cc. Mereka sadar konsumen dikelas sport
batangan 125 cc sangat terbatas. Klo tetep
suzuki mau main dikelas 125 cc monggo…. tapi
bikin produk yang up to date dengan harga yang
tentu saja murah, ingat desain spektakuler bisa
berbicara banyak loh. Tapi…. jangan harap laku
banyak mengingat konsumennya terbatas, serta
motor-motor kelas 150 cc keatas yang terlihat
superior karena sudah bisa melewati keunggulan
motor 125 cc yakni irit namun powerfull.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar